OLAHRAGA

Waktu Main Sepak Bola Jadi 2×30 Menit, Anda Setuju?

Ide ini sementara bergulir di Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional (IFAB) untuk disetujui. Bagaimana menurutmu?

Pemangkasan durasi permainan bertujuan menghapus pemborosan waktu, sebab selama ini banyak waktu yang terbuang percuma ketika pertandingan berlangsung.

IFAB dan sejumlah pihak menilai waktu bermain efektif pertandingan sepak bola hanya berlangsung 60 menit. Maka diusulkan mengubah waktu pertandingan dari 2×45 menit menjadi 2×30 menit, namun waktu pertandingan dihentikan setiap kali bola keluar dari permainan, atau setiap kali terjadi insiden yang menghentikan permainan.

“Secara pribadi saya menyukai usulan peraturan ini karena begitu banyak tim yang ketika sedang unggul berusaha membuang waktu, jadi saya pikir ini bukan (usul) peraturan yang buruk,” kata mantan striker Chelsea, Gianfranco Zola, kepada BBC.

“Sepak bola cukup cepat. Beberapa usul perubahan lain saya tidak saya sukai, tapi yang ini (2×30 menit) bagus.”

Tak hanya soal waktu pertandingan. Sejumlah gagasan lain juga sementara bergulir untuk disepakati, misalnya jika tendangan penalti gagal, permainan akan berhenti dan tendangan gawang diberikan. Maksudnya, pemain tidak boleh menindaklanjuti upaya mencetak gol jika penalti ditepis sang kiper.

Ada pula gagasan untuk menghubungkan jam stadion dengan jam tangan wasit. Pemain pun dibolehkan menggiring bola saat melakukan tendangan bebas.

Para wasit juga diminta untuk lebih ketat dalam peraturan tentang batas waktu enam detik bagi penjaga gawang menahan bola, dan juga tentang waktu tambahan (extratime).

Sebagian besar usulan diarahkan untuk memberantas taktik buang-buang waktu saat pertandingan berlangsung.

Selain usulan-usulan di atas, wasit juga diusulkan untuk menghentikan waktu pertandingan pada berbagai kejadian berikut:
– Antara putusan hukuman dengan pengambilan tendangan penalti atau tendangan bebas
– Antara gol yang dicetak sampai pertandingan dimulai kembali
– Antara waktu meminta perawatan untuk pemain yang cedera hingga dilanjutkannya lagi permainan
– Antarapemberian kartu kuning atau merah hingga dilanjutkannya pertandingan
– Antara isyarat pergantian pemain hingga dilanjutkannya pertandingan

(fjr)

Loading...

BERITA POPULER

To Top