RAGAM

Jangan Lakukan Ini Kalau Tidak Ingin Dicap “Membosankan”

Perjalanan mudik lebaran Anda kali ini pastinya akan menjadi bahan perbincangan Anda setelah semua ini usai. Anda atau teman Anda mungkin akan berbagi cerita seru selama perjalanan atau kisah-kisah lucu selama di kampung halaman Anda.

Namun tahukah Anda, menceritakan hal seperti ini bisa membuat Anda menjadi orang yang membosankan di mata teman atau kolega Anda?

Menurut sebuah survei yang dilakukan studi bareng antara Harvard dan University of Virginia, hal ini terjadi adalah karena sepanjang Anda bercerita, yang mengerti akan keseruan dan tertarik akan cerita itu adalah Anda sendiri.

Perlu disadari bahwa kebanyakan orang tidak ingin mendengar liburan indah Anda di mana mereka tidak ada di dalamnya dan tidak dapat ikutan nimbrung dalam kisah yang Anda ceritakan.

“Jika ada teman kita yang bicara soal film yang tidak pernah kita tonton atau album (musik) yang tidak pernah kita dengar, hal ini bisa jadi hal yang membosankan dan bingung,” kata Daniel T. Gilbert, Ph,D selaku author studi ini.

“Hal yang sama juga bisa terjadi giliran kita berbiracara dan kita mengulangi apa yang dilakukan teman kita tadi, konsekuensinya sama (orang jadi bosan),” sambungnya.

Ketimbang melakukan hal itu, ia menyarankan Anda untuk memberikan gambaran terlebih dahulu tentang keasikan yang pernah Anda rasakan dengan rekan atau teman Anda ketika berbagi cerita.

“Liburan kemarin asik banget, jadi ingat waktu liburan kita waktu itu lho,” saran Gilbert. Dengan begitu, mereka yang mendengar cerita Anda dapat membayangkan dan mengingat kembali memori di masa lalu.

Cara ini, kata Gilbert, selain menghindarkan Anda dari resiko mati gaya, benefit lainnya adalah dapat memperkuat persahabatan antara teman atau kolega Anda.(ruf

Loading...

BERITA POPULER

To Top