KILAS DAERAH

Gas Elpiji 3 Kg Kembali Langka di Temanggung

KILASJATENG.COM, TEMANGGUNG – Keberadaan tabung gas elpiji 3 kilogram (kg) di wilayah Kabupaten Temanggung, kembali mendadak langka. Kelangkaan elpiji 3 kg sudah berlangsung dalam dua pekan terakhir.

Salah satu kecamatan yang paling parah mengalami kelangkaan elpiji 3 kg adalah Kecamatan Kandangan. Sejumnlah warga khususnya para ibu-ibu, mengaku sangat kesulitan mendapatkan elpiji 3 kg bersubsidi Pemerintah tersebut.

Endang, ibu rumah tangga, mengaku sudah berkeliling jauh dari rumah, namun belum mendapatkan elpiji 3 kg. Sudah hampir satu minggu dirinya mencari, namun sejumlah pangkalan dan pengecer tidak memiliki stok.

“Sudah seminggu ini saya cari kemana-mana, namun kosong. Kalau harganya mau naik, tidak apa-apa mas tapi jangan kayak gini. Kami jadi kesusahan,” katanya, kemarin.

Dari pantuan dilapangan, kelangkaan elpiji 3 kg terjadi di beberapa Kecamatan di Kabupaten Temanggung. Diantaranya, Kecamatan Kandangan, Kaloran, Temanggung, Tembarak dan Pringsurat. Kondisi ini sangat ironis, pasalnya beberapa waktu lalu Pemkab Temanggung telah mengumumkan jika pasokan elpiji 3 kg akan ditambah.

Sementara sejumlah pemilik pangkalan elpiji 3 kg yang ditemui, juga mengaku jika  pasokan dari agen tidak lagi mencukupi permintaan warga seperti yang diungkapkan oleh agus  salah satu pemilik pangkalan di Kecamatan Kandangan.

“Jatah 100 tabung perhari tidak lagi bisa mencukupi permintaan warga dan pengecer. Terpaksa untuk pengecer saya batasi, satu toko dijatah sebanyak 5 hingga 8 tabung,” ungkapnya.

Warga berharap, kelangkaan elpiji 3 kg di Kabupaten Temanggung segera teratasi. Pemerintah diharapkan bisa menambah pasokan elpiji 3 kg, khususnya menjelang Ramadhan dan Hari Raya Idul fitri. (Rhs)

Loading...

BERITA POPULER

To Top