KILAS DAERAH

Jelang Ramadhan, Desa Tlilir Gelar Budaya Ruwah

KILASJATENG.COM, TEMANGGUNG – Datangnya bulan suci ramadhan disambut dengan berbagai acara dan kegiatan, salah satunya di Desa lereng Sumbing yaitu Desa Tlilir Kecamatan Tlogomulyo Kabupaten Temanggung yang menggelar festival budaya Ruwahan.

Kepala Desa Tlilir Triyanto mengungkapkan, tradisi Ruwahan adalah kegiatan tahunan yang diadakan oleh warga Desa Tlilir sebagai wujud suka cita datangnya bulan suci Ramadhan.

“Acaranya berlangsung selama 7 hari, seluruh potensi kesenian yang ada di desa dipertunjukkan seperti kuda lumping, topeng ireng, kobro dan masih banyak lagi,” ungkapnya ketika ditemui saat karnaval budaya, Kamis (11/5).

Menurut Triyanto, puncak acara festival budaya ini adalah tradisi nyadran yang akan dilakukan pada Jumat pahing pada bulan Ruwah.

“Untuk tahun ini memang agak sedikit berbeda, karena bertepatan dengan awal musim tanam tembakau. Harapannya, tahun ini tanam tembakau lancar serta hasil panen bagus dan dibeli pabrikan dengan harga bagus,” harap Triyanto.

Sementara itu, Wakil Bupati Temanggung Irawan Prasetyadi dalam pelepasan karnaval budaya, mengungkapkan potensi wisata budaya seperti ini harus dikembangkan dan dilestarikan.

“Harapannya kedepan bisa membuat Desa Tlilir mempunyai agenda wisata tahunan yang bisa diandalkan,” harapnya. (Rhs)

 

Loading...

BERITA POPULER

To Top