GAYA HIDUP

Cuma Butuh Hitungan Hari untuk Tumbuhkan Kulit Baru pada Pasien Luka Bakar

Dalam proses penyembuhan, pasien luka bakar biasanya dipaksa untuk menahan rasa sakit hingga berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan lamanya.

Tidak hanya menyakitkan, bekas luka yang sebabkan oleh luka bakar umumnya permanen dan tidak enak dipandang. Untungnya, masalah itu sepertinya tidak lagi tanpa solusi.

Sebuah teknik terbaru yang melibatkan penggunaan stem sel yang “ditembakan” SkinGun ini, seperti dilansir laman Daily Mail (7/5/2018) diklaim mampu menumbuhkan kembali lapisan kulit sehat hanya dalam hitungan hari.

“Prosedurnya tidak menyakitkan dan kkuliat akan tumbuh kembali, rasa dan fungsinya sama seperti kulit aslinya (sebelum kecelakaan)” kata Thomas Bold, chief executive dari RenovaCare, perusahaan yang mengembangkan SkinGun.

Dalam contoh kasus, seorang pria berusia 43 tahun yang menderita luka akibat tersiram air panas pada bahu kiri dan tangan bagian atas hanya membutuhkan waktu 6 hari untuk menunjukan efektifitas dari suntik stem sel ini.

Untuk sembuh total, ia hanya membutuhkan waktu selama 6 minggu yang melibatkan 17 juta stem sel yang disemprotkan pada area yang terdampak.

Kasus lainnya, pria berusia 35 tahun mengalami luka bakar akibat sengatan listrik. Dengan 24 juta stem sel, dalam waktu hanya empat hari, kinerja stem sel mulai terlihat. Hanya butuh 20 hari buatnya untuk mengembalikan kondisinya seperti sedia kala.

Menurut Bold, setidaknya sudah ada 60 pasien yang diobati dengan teknik ini dan perusahaan itu sedang menunggu ijin dari Food and Drug Administration untuk dapat digunakan dalam praktek klinis.(ruf)

Loading...

BERITA POPULER

To Top