KILAS SEMARANG

Mulai Hari ini Polisi Gelar Operasi Patuh Candi 2017

KILASJATENG.COM, SEMARANG – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jateng Irjen Pol Condro Kirono mempimpin apel gelar pasukan yang menandakan dimulainya Operasi Patuh Candi 2017, di lapangan upacara Mapolda Jateng jalan Pahlawan Semarang, Selasa (9/5).

Operasi Patuh Candi 2017 secara resmi dimulai pada hari ini hingga 22 Mei mendatang. Operasi ini merupakan persiapan sebelum memasuki bulan Ramadan.

Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono mengatakan, bahwa operasi ini dilakukan dalam rangka menciptakan situasi dan kondisi keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas) menjelang bulan Ramadan.

“Operasi Patuh Candi ini kita laksanakan selama 14 hari. Tujuan operasi ini guna menciptakan situasi keamanan, kelancaran dan keselamatan menjelang bulan Ramadhan serta Hari Raya Idul Fitri 1438 H,” katanya.

Selain itu, untuk membentuk situasi kondusif lalu lintas guna menurunkan tingkat kecelakaan, lanjut dia, gelaran Operasi Patuh Candi 2017 akan menekankan pada tindakan penegakan hukum atau represif bagi pihak yang melanggar lalu lintas, yang dapat berpotensi terjadinya kecelakaan.

“Sanksi berupa bukti pelanggaran akan diberikan kepada pengendara yang berkendara membahayakan pengguna jalan lainnya. Contohnya seperti kendaraan yang melawan arah, muatan yang berlebih, menerobos lampu lalu lintas, hingga berkendara ugal-ugalan,” tegasnya.

Salah satu indikator atas kesuksesan operasi itu, menurut dia, menurunnya angka vatalitas pengendara kendaraan bermotor. “Oleh karena itu, perlu adanya terobosan untuk membangun budaya tertib dalam berlalu lintas,” ujarnya.

Pada kesempatan apel gelar pasukan tersebut, Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono juga memasangkan Pita Tanda Operasi Patuh Candi 2017 secara simbolis kepada masing-masing perwakilan TNI, Polri dan Dinas Perhubungan. (Art)

 

Loading...

BERITA POPULER

To Top