GAYA HIDUP

Ini Penyebabnya, Penderita Kanker Terus Meningkat

Polusi udara telah berkontribusi terhadap meningkatnya angka penderita kanker sebesar 10 persen. Demikian temuan sebuah studi dari Amerika Serikat seperti dilansir Daily Mail (8/5/2017).

Studi yang dilakukan oleh peneliti di University of Illinois ini meyakini bahwa polusi udara bertanggungjawab atas 44 kasus per 100 ribu orang, atau 28.600 diagnosa kanker di Britania Raya.

Temuan yang dirilis pada jurnal Cancer ini, merupakan studi yang pertama dalam menganalisa hubungan antara lingkungan dan kanker.

Author dari peneliti menyebutkan bahwa meski kanker umumnya disebabkan oleh genetika, dengan persentase 50 persen, namun lingkungan juga dapat bertanggungjawab atas kerusakan DNA dan menyebabkan perubahan pada hormon.

“Temuan ini tentunya dapat digunakan untuk mendukung gagasan bahwa semua eksposur (dari polusi udara) yang kita alami dapat mempengaruhi kesehatan kita dan (temuan ini) berpotensi meningkatkan perbaikan sosial dan lingkungan berdampakpositif terhadap kesehatan,” kata Dr Jyotsna Jagai, author studi ini.

Ada pun beberapa tipe kanker yang disebabkan oleh polusi udara, seperti disebut dalam penelitian-penelitian sebelumnya adalah kanker paru-paru, kanker payud*ra dan kanker prostat.

Dr. Jagai juga menyebutkan bahwa di negara dengan dengan tingkat polusi tinggi, potensi peningkatan kasus kanker bisa saja terjadi hingga hampir dua kali lipat dibandingkan dengan negara berpolusi rendah.(ruf)

Loading...

BERITA POPULER

To Top