GAYA HIDUP

Hati-hati dengan Ginjal Anda Jika Alami Hal Ini…

Kanker ginjal mungkin lebih jarang terdengar ketimbang kanker payudara, kulit atau prostat. Padahal, penyakit ini termasuk satu dari sepuluh jenis kanker yang paling umum menyerang orang dewasa.

Sekitar 55 ribu orang di Amerika Serikat didiagnosa mengidap kanker ginjal setiap tahunnya. Kanker ini juga diketahui menyebabkan kematian terhadap seperempat pengidapnya.

Ginjal sendiri merupakan organ tubuh yang berfungsi menyaring limbah dan racun dari darah. Selain itu, ginjal juga membantu menyeimbangkan komposisi kimia di dalam darah.

Fungsi lain ginjal adalah memproduksi hormon yang membantu pencernaan makanan dan merangsang tulang sumsum memproduki sel darah merah.

Jadi, tidak perlu diragukan lagi bahwa ginjal sangat penting jika Anda ingin tetap hidup dan berfungsi secara normal.

Lalu bagaimana caranya mengetahui kalau kanker mulai menyerang ginjal Anda? Berikut tanda-tandanya seperti dilansir laman Prevention, Minggu (16/4).

  1. Adanya darah dalam urine
    Darah dalam urine Anda adalah gejala yang paling umum dari kanker ginjal stadium lanjut. Jika ada banyak pendarahan, darah bisa terlihat berwarna cerah dan segar. Tapi jika perdarahan lambat dan darah memiliki waktu untuk mengoksidasi, mungkin akan terlihat berwarna gelap.
  2. Punggung atau bagian sisi tubuh Anda terasa sakit
    Anda akan merasa sakit atau merasa adanya tekanan di belakang atau sisi lain bagian tubuh Anda. Juga, banyak orang pertama kali mengetahui mereka memiliki kanker ginjal ketika mereka menjalani CT scan atau MRI.
  3. Letih terus menerus
    Perasaan lelah terus-menerus telah dikaitkan dengan kanker dan ginjal, menurut American Cancer Society.
  4. Anda mengalami penurunan berat badan
    Ginjal Anda memainkan peran penting dalam pencernaan dan metabolisme. Jika mereka berada dalam kesulitan menyerap atau membuang makanan, maka hal ini bisa berdampak pada penurunan berat badan, kehilangan nafsu makan atau keduanya. Tapi, sekali lagi, penurunan berat badan atau fluktuasi nafsu makan tidak spesifik untuk kanker ginjal. Gangguan autoimun juga bisa menyebabkan Anda menurunkan berat badan atau makan lebih sedikit. Bicaralah dengan dokter Anda.
  5. Ada masalah dengan darah Anda
    Tumor ginjal bisa menyebabkan anemia, elektrolit atau ketidakseimbangan kalsium serta isu-isu terkait darah lainnya. (Fajar)

 

Loading...

BERITA POPULER

To Top