KILAS SEMARANG

Gadis Cantik Asal Turki Jadi Wisudawan Terbaik Unnes

KILASJATENG.COM, SEMARANG – Esma Akin, gadis cantik asal Ayden, Turki ini berbahagia karena dirinya dinyatakan berhak menyandang gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd) dan terpilih menjadi salah satu dari tiga wisudawan terbaik di kampus Universitas Negeri Semarang (Unnes).

Esma lulus S1 dalam kurun waktu sekitar 3,5 tahun dengan IPK 3,21 di Program Studi (prodi) Pendidikan Bahasa Arab. Salah satu karyanya selama kuliah adalah menyusun kamus berbahasa Arab-Turki. Sejak remaja ia memang bercita-cita ingin menjadi guru bahasa Arab.

“Saya seorang Muslim, ingin mempelajari Al-quran dengan baik. Karena itulah saya harus belajar bahasa Arab. Saya memilih Unnes karena banyak teman saya kuliah disini dan teman saya bilang kuliah di Indonesia (Unnes) itu enak,” kata Esma usai acara wisuda di Auditorium Unnes, Selasa (7/3).

Diakuinya, kendala yang dialami selama kuliah ternyata bukan pada pelajaran, melainkan transportasi dan sempat pula terkendala makanan. Dirinya harus bekerja keras untuk beradaptasi dengan lingkungan, terutama makanan di Indonesia.

“Tahun pertama saya pernah bermasalah dengan makanan ketika awal tinggal di Indonesia. Saya harus membiasakan makan nasi, karena disana terbiasa makan roti. Lama-lama terbiasa dan sekarang saya sangat suka kuliner Indonesia, terutama nasi Rendang,” ujar gadis berkerudung ini.

Selama menempuh pendidikan di Unnes, Ia merasa menemukan dua hal yang dicarinya. Selain lingkungan religius, juga senang karena bertemu dengan dosen-dosen hebat. Sebagian dosennya adalah lulusan Mesir yang menurutnya sangat baik dalam mengajar bahasa Arab.

Setelah lulus, gadis yang dilahirkan di Kota Mus, Kota di wilayah timur Turki ini berencana pulang lagi ke Turki untuk mengamalkan ilmunya dari Indonesia.

“Setelah ini saya akan kembali ke Turki, karena sudah ditunggu keluarga. Saya berencana ingin melanjutkan S2, tapi saya lebih ingin mengajarkan banyak hal yang saya dapat di sini,” pungkasnya. (Art)

 

Loading...

BERITA POPULER

To Top