KILAS SEMARANG

Durian Ross Asal Mangunsari, Jadi Pemenang Semarang Festival Durian 2017

KILASJATENG.COM, SEMARANG – Durian Ross dari Kelurahan Mangunsari Kecamatan Gunungpati akhirnya memenangkan lomba durian unggul lokal pada Semarang Festival Durian 2017 yang diselenggarakan di Lapangan Waduk Jatibarang Gunungpati Semarang, Jumat-Minggu (24-26/2).

Durian yang dimiliki oleh Trisno ini menyisihkan 25 kontestan yang mendaftar lomba durian unggul lokal lainnya yang berasal dari Kota Semarang. Untuk pemenang kedua diraih durian Mowo milik Rohman dari Kelurahan Wonoplumbon Kecamatan Mijen dan juara ketiga diraih durian Roro milik Tresnoadi petani dari Kelurahan Mangunsari Kecamatan Gunungpati.

Salah satu juri, Pratomo menjelaskan penilaian lomba durian unggul lokal ada dua kriteria yakni kuantitas dan kualitas. Penilaian kuantitas meliputi berat, kondisi luar buah. Sedangkan penilaian kualitas meliputi rasa, tekstur, dan juga warna.

“Dari masing-masing kriteria itu akan dijumlahkan dan yang nilainya terbayak akan menjadi juaranya,” jelasnya.

Kepala Dinas Pertanian Kota Semarang W.P. Rusdiana mengatakan, durian unggul lokal yang terbaik akan dikembangkan dan dibudidayakan serta akan disertifikasi sehingga menjadi durian asli Semarang.

“Durian yang dilombakan harus durian yang benar-benar ditanam di Semarang bukan dari daerah lain,” katanya.

Semarang Festival Durian 2017 dibuka oleh Walikota Semarang, Hendrar Prihadi dengan dilakukan kirab durian dari para pemenang lomba durian. Semarang Festival Durian masih akan berlangsung hingga Minggu, 26 Februari 2017. (Art)

Loading...

BERITA POPULER

To Top