KILAS SEMARANG

Kapolri Apresiasi Layanan Publik Berbasis IT, Smile Police

KILASJATENG.COM, SEMARANG – Kapolri Jenderal Tito Karnavian serta Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur, meresmikan aplikasi layanan publik berbasis IT bernama Smile Police di jajaran Polda jateng.

“Polda Jateng adalah yang pertama mempunyai aplikasi layanan publik seperti ini, Polda yang memiliki program aplikasi yang terintegrasi satu jajaran Polda. Saya sangat mengapresiasi atas terobosan inovatif yang dilakukan oleh jajaran Polda Jateng,” kata Tito usai meresmikan aplikasi Smile Police di gedung Borobudur Mapolda Jateng, Jalan Pahlawan, Semarang, Sabtu (4/2).

Aplikasi Smile Police merupakan singkatan dari Sistem Manajemen Informasi Layanan Elektronik Kepolisian. Sebuah aplikasi layanan hasil integrasi dari beberapa layanan yang sudah ada sebelumnya guna menjadikan Polda Jateng yang Profesional Modern dan Terpercaya.

Aplikasi berbasis IT tersebut berisi enam aplikasi layanan yang bisa dimanfaatkan masyarakat. Keenam aplikasi tersebut masing-masing adalah Panic Button, E-Complain, Trus, SKCK Online, Smart Regident Center dan E-Bhabin.

Menurut Tito, aplikasi Smile Police ini sejalan dengan perintah Presiden RI Joko Widodo, yakni meningkatkan pelayanan publik oleh polisi, terutama yang berbasis pada IT.

“Dengan diluncurkannya aplikasi berbasis IT ini diharapkan dapat mempermudah akses layanan publik di Jateng. Terutama dalam kecepatan dalam pelayanan, sehingga masyarakat mudah dan cepat mendapatkan pelayanan dari polisi,” ungkapnya.

Sementara itu, Menpan-RB Asman Abnur menuturkan, Polri mengalami perubahan yang cukup baik dan diharapkan bisa menjadi model dalam reformasi birokrasi.

“Akuntabilitas Polri saat ini perlu kita beri apresiasi. Kami melihat beberapa Polda ada perubahan, mudah-mudahan Polri jadi model perubahan dalam reformasi birokrasi,” katanya. (Sen)

 

Loading...

BERITA POPULER

To Top