KILAS PANTURA

Warga Diimbau Lewat Penyalur Resmi Jika Ingin Jadi TKI

Anggota Komisi IX Imam Suroso memberi arahan kepada warga di Aula Kecamatan Gembong kemarin.

KILASJATENG.COM, PATI – Anggota Komisi IX DPR RI Imam Suroso bersama dengan Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) memberikan sosialisasi penempatan dan perlindungan pekerja migran Indonesia di Aula Kecamatan Gembong kemarin. Sosialisasi itu diikuti ratusan warga setempat.

“Kami memberikan arahan kepada warga tentang peluang kerja luar negeri dan migrasi aman. Ini supaya masyarakat lebih berhati-hati sebelum memutuskan bekerja di luar negeri. Setidaknya warga sudah mempunyai pandangan seputar ketenagakerjaan khususnya menjadi migran,” tuturnya.

Imam juga mengimbau warga supaya tak tergiur dengan iming-iming gaji besar bekerja di luar negeri oleh orang tak bertanggungjawab melalui jalur ilegal. Ia berpesan, bagi warga yang ingin menjadi buruh migran harus melalui perusahaan yang resmi .

“Kalau melalui perusahaan resmi, semuanya terjamin. Kalau ada kesulitan, pasti turun tangan. Berbeda dengan buruh migran yang keluar negeri melalui jalur ilegal, kerap menghadapai permasalahan. Perusahaan ilegal tak bisa menjamin keselamatan dan tak mau bertanggungjawab apabila terjadi persoalan di tempat kerja,” imbuhnya.

Ia menuturkan, sebagai wakil rakyat akan membantu masyarakat dan menyerap aspirasi warga yang diperjuangkan di tingkat pusat. Pada sosialisasi itu, ada beberapa warga yang antusias bertanya seputar TKI. Warga juga diberikan edukasi dari perwakilan BNP2TKI dan BP3TKI.

Terlebih, Pati ini menjadi salah satu daerah di Indonesia yang banyak memberangkatkan TKI. Di Jawa Tengah, Pati menduduki ranking keenam dengan penempatan 2.500-3000 TKI. Dengan potensi itu, Pati menjadi salah satu daerah yang diperhatikan nasional. Bagaimana TKI purna memanfaatkan penghasilannya sebagai modal usaha di Pati.

Pada kegiatan tersebut, dihadiri Kepala BP3TKI Jawa Tengah Suparjo, tenaga profesional BNP2TKI pusat, Dono Prasetyo, Kabid Penempatan dan Pengembangan Tenaga Kerja Disnaekr Indri Nugraheni, dan Direktur Utama PT Dewi Pengayom Bangsa Pati Endro Dwi Cahyono. (JPC)

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top