KILAS SEMARANG

Underpass Jatingaleh Molor, Dua Koridor BRT Trans Semarang Terdampak

KILASJATENG.COM, SEMARANG – Selain sering menjadi biang kemacetan, lambatnya pembangunan underpass Jatingaleh membuat dampak yang cukup besar khususnya pada transportasi.

Kondisi ini membuat perjalanan Bus Rapid Transit (BRT) Trans Semarang, Koridor II tujuan Sisemut-Terboyo dan Koridor VI tujuan Unnes-Undip terlambat hingga setengah jam untuk sampai ke tujuan.

Plt Kepala Badan Layanan Umum (BLU) UPTD Trans Semarang Dinas Perhubungan Kota Semarang, Ade Bhakti Ariawan mengatakan, akibat pembangunan underpass Jatingaleh yang tak kunjung selesai, headway antar bus terganggu.

“Idealnya ketika Bus dilepas dari pool jarak antar bus adalah 10 menit, kecuali pagi kita atur 5 menit sekali bus jalan. Karena harus lewat Jatingaleh, mau tidak mau setelah terlepas dari kemacetan Jatingaleh bus harus mengejar jarak dengan bus di depannya, jarak antar bus bisa molor hingga 20 sampai 25 menit sekali,” katanya, Senin (7/8).

Selain itu, lambatnya proyek pembangunan underpass Jatingaleh yang bersinggungan dengan rute layanan BRT Trans Semarang, terutama di Koridor II dan VI, juga berpengaruh pada penurunan jumlah penumpang.

“Pastinya, pendapatan di koridor II Trans Semarang juga dinilai akan menurun, ketika penumpang sudah terlalu lama menunggu bus karena interval molor efek dari pembangunan underpass Jatingaleh. Hal ini menyebabkan sebagian penumpang memilih menggunakan moda transportasi lain,” terangnya.

Mengenai jumlah penumpang pada awal tahun 2017, tambahnya, dalam bulan Januari penumpang bus di koridor II mencapai 196.469 penumpang, dengan rata-rata 6.337 orang setiap harinya.

Sedangkan pada bulan Juli, penumpang layanan bus tersebut tercatat hanya sekitar 175.525 penumpang, dengan rata-rata per hari 5.662 orang. Artinya, jumlah tersebut menurun dibanding awal tahun 2017 lalu yang mencapai sekitar 20.000 orang.

“Sebenarnya selain terdampak pembangunan underpass Jatingaleh, jumlah penumpang BRT Trans Semarang yang cenderung menurun juga karena imbas dari beroperasinya Trans Jateng,” tukasnya. (Art)

 

Loading...

Most Popular

To Top