KILAS SEMARANG

Uji Coba Bus Tingkat Wisata Keliling Kota Semarang

KILASJATENG.COM, SEMARANG – Kota Semarang kini memiliki bus wisata. Bus tingkat (double decker) yang beroperasi hingga kawasan Kota Lama ini, resmi menjalani uji coba pada Selasa, (15/8).

Bus wisata berwarna dominan merah cerah dengan gambar kombinasi Kota Lama, Lawang Sewu, Masjid Agung Jawa Tengah dan Pemerintah Kota Semarang itu merupakan fasilitas bagi wisatawan untuk keliling menikmati Kota Semarang.

Dalam uji coba, bus wisata tersebut berkeliling mulai Museum Mandala Bhakti menuju beberapa destinasi wisata. Seperti kawasan Kota Lama, pusat oleh-oleh Pandanaran, Simpang Lima, Kampung Pelangi, Sam Poo Kong dan Tugu Muda.

Selama dalam perjalanan, wisatawan dipandu oleh pemandu wisata sambil memberikan berbagai pengetahuan seputar objek-objek heritage, taman, perkantoran pemerintahan, tempat kuliner di Kota Semarang.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Semarang, Muhammad Khadhik mengatakan, tujuan uji coba awal ini untuk mengetahui kondisi jalan atau rute yang akan dilewati bus dan persoalan yang dihadapi bus seharga Rp 3,5 miliar tersebut.

“Beberapa catatan yakni keberadaan kabel yang melintang perlu ditata dan ranting pohon yang perlu dirapikan, sehingga permasalahan-permasalahan yang ada ini nantinya bisa dicarikan solusinya,” katanya saat transit di Kota Lama pada uji coba.

Uji coba awal ini lanjut dia, juga untuk mengetahui titik parkir bus wisata di setiap objek wisata yang dikunjungi. Setelah semuanya sudah siap, akan di uji coba lagi oleh Walikota Semarang dengan mengajak biro-biro perjalanan.

Bus wisata tersebut, rencananya akan diluncurkan pada September mendatang bertepatan hari Perhubungan.

“Nanti kami ketemu sama pak Walikota dulu, regulasi dan kebijakan beliau yang menentukan. Kami berharap, beliau berkenan melaunching pas hari Perhubungan pada September mendatang,” ujarnya.

Bus wisata berkapasitas 70 orang penumpang ini, siap memanjakan para wisatawan menikmati destinasi-destinasi wisata di Kota Semarang. (Art)

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top