NASIONAL

Tambahan Kereta Api untuk Lebaran Dirilis Serentak

JAKARTA – Tiket kereta api masa Lebaran memang selalu laris manis. Bahkan, tiket KA untuk tanggal-tanggal tertentu sudah habis. PT Kereta Api Indonesia (KAI) pun mulai menyiapkan KA tambahan untuk musim mudik Lebaran.

Pembelian tiket KA tambahan sudah bisa dilakukan mulai Minggu (16/4) pukul 00.01. PT KAI Daerah Operasional (Daop) 8 bakal menyediakan 12 KA tambahan dengan total 7.504 tempat duduk (TD).

’’Diharapkan, masyarakat mempergunakan fasilitas pemesanan tiket sejak dini,’’ imbau Manajer Humas PT KAI Daop 8 Gatut Sutiyatmoko.

Dia mengingatkan, pemesanan bisa dilakukan melalui banyak jalur. Bisa langsung memesan di stasiun, namun lebih praktis bila dilakukan via online atau layanan eksternal. Misalnya, minimarket dan kantor pos.

Yang perlu dicatat, penjualan tiket angkutan Lebaran tambahan itu berbeda dari jilid pertama. Jika awalnya pembelian bisa dilakukan sesuai H-90 tanggal keberangkatan, kini PT KAI menerapkan aturan lain. ’’Tiket mulai 15 Juni hingga 6 Juli akan dirilis secara serentak,’’ jelas Gatut. Dia berharap, masyarakat bisa mencari alternatif rute maupun tanggal keberangkatan.

Untuk menghindari kehabisan tiket, masyarakat juga disarankan mencari alternatif tiket terusan. ’’Misalnya, jika ingin ke Jakarta, calon penumpang bisa pesan tiket dari Surabaya ke Semarang, kemudian meneruskan perjalanan dengan menggunakan KA rute Semarang–Jakarta,’’ terang Gatut. Namun, jangan lupa untuk mempertimbangkan selisih waktu antarkereta sambungan.

Gatut juga mengingatkan masyarakat bahwa pada awal rilis, traffic biasanya sibuk. Meski khawatir kehabisan, masyarakat diharapkan tidak terburu-buru. Paling tidak, calon penumpang bisa memesan setelah pukul 03.00. ’’Perlu diingat, jika calon penumpang belum melunasi tiket dalam waktu 3 jam setelah pemesanan online, tiketnya akan hangus,’’ jelasnya.

Tiket yang batal dibeli itu otomatis kembali menjadi available untuk dipesan oleh calon penumpang lain. Dia juga meminta calon penumpang memastikan koneksi internet stabil ketika mencari tiket lewat online. Sebab, koneksi internet yang terputus-putus bisa memengaruhi update informasi ketersediaan tiket. (Fajar)

Loading...

Most Popular

To Top