KILAS SEMARANG

Sudirman Said Menempatkan Proses Mencari Cawagub Sebagai Peristiwa Budaya, Bukan Politik

KILASJATENG.COM – Calon Gubernur Jawa Tengah Sudirman Said menempatkan proses mencari Cawagub sebagai peristiwa kebudayaan, bukan peristiwa politik.

Suatu peristiwa silaturahmi, proses membangun persaudaraan, memperkuat ukhuwah dan pada gilirannya merajut keberagaman.

Pihaknya ingin proses benar-benar berjalan dengan mengedepankan etika dan agar saling menjaga kehormatan.

Juru Bicara Tim Pemenangan calon Gubernur Jawa Tengah Sudirman Said, Untoro Hariadi menjelaskan Sudirman Said mencoba merubah paradigma politik, khususnya dalam gelaran Pilkada.

“Kita memiliki kearifan lokal yang luar biasa,  yakni silaturrahim, dan itu seringnya ditinggalkan para politikus. Ini yang sedang dibangun Sudirman Said,” katanya di Posko Pemenangan Sudirman Said, jalan Pamularsih 95 Semarang, Sabtu (6/1).

Sebagaimana diketahui, beberapa hari lalu di Jakarta calon Gubernur Jawa Tengah Sudirman Said memunculkan delapan tokoh sebagai calon pendampingnya di Pemilihan Gubernur Jawa Tengah.

Diantaranya Gus Ghofur, Gus Kamil, Gus Wafi sampai Gus Yasin yang semuanya putra KH  Maimun Zubair. Selain itu, ada juga politisi Partai Golkar Arianti Dewi, Ketua PKB Jawa Tengah Yusuf Chudlory dan mantan Wakil Gubernur Rustriningsih.

“Proses pencarian calon wakil gubernur yang dilakukan Sudirman Said adalah proses kebudayaan, bukan sekadar politik,” ujarnya.

Proses kebudayaan yang dimaksud adalah jalinan silaturahim, lanjutnya, yang melahirkan kedekatan dengan beragam tokoh lintas latar belakang.

“Menjadi pertimbangan kuat juga adalah Alamuddin Dimyati Rois, Yaqut Cholil Qounas, Tafsir dari Muhammadiyah sampai anggota Ombudsman RI Alvin Lie,” tambahnya.

Untoro juga mengatakan keputusan siapa yang menjadi calon pendamping, sepenuhnya berada di tangan Sudirman Said.

“Dari awal Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto dan juga ketua partai koalisi telah menyerahkan penentuan itu pada Pak Dirman,” kata dia.

Sesuai rencana pada Senin (8/1) Sudirman Said bakal melakukan deklarasi penetapan pasangan yang diusung Partai Gerindra, PKS dan PAN di Palagan Ambarawa.

Sementara pendaftaran di Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan dibuka dari tanggal 8 sampai 10 Januari 2018. (Bra/Art)

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top