INTERNASIONAL

Rudal Pertahanan Suriah Terlanjur Ditembakan, Ternyata Alarm Palsu

Tanda peringatan adanya serangan ke Suriah tiba-tiba berbunyi pada Senin (16/4/2018). Namun, suara tersebut langsung diketahui bahwa itu adalah alarm palsu.

Akibatnya, rudal pertahanan Suriah ditembakkan, padahal tidak ada serangan baru.

Televisi pemerintah Suriah melaporkan bahwa rudal pertahanan antipesawat telah ditembakkan ke pangkalan udara di daerah Homs. Menurut media yang dikelola kelompok Libanon Hizbullah memberitakan bahwa rudal juga menargetkan pangkalan udara dekat Damaskus.

Kantor berita pemerintah Suriah, SANA mengutip satu sumber militer yang mengatakan sejumlah rudal pertahanan udara telah ditembakkan tetapi tidak ada serangan asing yang terjadi.

Terpisah, seorang komandan dalam aliansi militer regional pro-pemerintah mengaitkan kerusakan alarm itu kemungkinan serangan elektronik bersama oleh Israel dan Amerika Serikat. Mereka menargetkan sistem radar Suriah. Masalah itu telah ditangani oleh para ahli Rusia.

Seorang juru bicara Pentagon mengatakan, saaat ini tidak ada kegiatan militer AS di daerah itu. Ketika ditanya tentang laporan serangan rudal itu, seorang juru bicara militer Israel pelit bicara. “Kami tidak berkomentar tentang laporan semacam itu,” kata militer Israel yang tidak menyebutkan namanya sebagaimana dilansir dari Reuters, Rabu (18/4/2018).

Insiden ini memperlihatkan adanya rasa takut akan eskalasi lebih lanjut dalam konflik Suriah setelah serangan AS, Inggris, dan Prancis terhadap sasaran-sasaran Suriah pada Sabtu (14/4/2018). Termasuk serangan udara di pangkalan udara pekan sebelumnya diduga dilakukan oleh Israel.

Serangan AS, Inggris, dan Prancis adalah pembalasan atas dugaan serangan senjata kimia oleh militer Suriah di Ghouta Timur. Baik Damaskus dan sekutunya, Rusia, membantah menggunakan senjata semacam itu. (fjr)

The post Rudal Pertahanan Suriah Terlanjur Ditembakan, Ternyata Alarm Palsu appeared first on LIPUTAN.CO.ID.

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top