KILAS DAERAH

Peserta Pemilu Dapat Menjadi Bagian Dari Pengawasan

KILASJATENG.COM, SALATIGA – Peserta Pemilu diharapkan dapat juga menjadi bagian dari pengawasan Pemilu. Disamping itu, Panwas Pemilu yang hanya berjumlah tiga orang tidaklah mungkin dapat melakukan pengawasan sendiri.
Demikian hal tersebut diungkapkan Ketua Panwas Kota Salatiga, Agung Ari Mursito, disela membuka Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif dalam rangka menyongsong Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur dan Pemilu serentak Tahun 2019, di salah satu hotel di Salatiga, Sabtu (28/10).
“Peserta Pemilu diharapkan dapat menjadi bagian dari pengawasan pemilihan umum. Ini salah satu tugas membantu panitia pengawas,” kata Agung.
Dalam acara ini, sebanyak 70 peserta mengikuti sosialisasi, yang berasal dari pemilih pemula (perwakilan siswa SMK/SMA/MA), oraganisasi kemahasiswaan, organisasi kemasyarakatan, serta pengurus BEM.
Hadir sebagai narasumber adalah Dosen Fiskom UKSW, Sampoerno dengan materi Pengawasan Pemilu Partisipatif dan Hery Wibowo (Yayasan Percik) yang memaparkan Partisipasi Masyarakat dalam Pilkada Serentak 2018 dan Pemilu 2019.
“Meski masih duduk dibangku SMA/SMK/MA, saat pemilu berlangsung juga dapat ikut menjadi pengawas. Fungsi pengawas adalah meminimalisir pelanggaran, jadi kita semua kenal dengan istilah “serangan fajar” dan itu merupakan pelanggaran yang diancam pidana penjara dan denda,” kata Sampoerno, dalam paparan materinya. (Her)

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top