KILAS DAERAH

Pengurus PKK Dapat Membantu Melakukan Pengawasan Pemilu

KILASJATENG.COM, SALATIGA – Sebanyak 70 orang pengurus PKK dari tingkat RT dan RW di Salatiga mengikuti Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur 2018 serta Pemilu serentak Tahun 2019, yang digelar Bawaslu Kota Salatiga, Selasa (12/12).

Pada kesempatan tersebut, hadir sebagai pembicara yaitu Ketua Panwas Kota Salatiga Agung Ari Mursito, Anggota Panwas Kota Salatiga Ahmad Dhomiri dan acara ini dimoderatori Divisi Organisasi dan SDM Panwas Kota Salatiga, Yesaya Tiluata.

Materi dalam sosialisasi diantaranya, pencegahan pelanggaran pemilu dan pencegahan sengketa proses Pemilu. Selain itu, juga dipaparkan tugas Bawaslu dalam melaksanakan peningkatan partisipasi masyarakat dalam pengawasan pemilu.

“Harapan kami, dengan menghadirkan pengurus PKK mulai tingkat RT dan RW, akan dapat membantu dalam proses pengawasan pemilu. Tak hanya itu, mereka dapat juga melakukan sosiialisasi pengawasan kepada pengurus yang lain maupun masyarakat di wilayahnya. Ini sedikit membantu tugas Panwas,” kata Ketua Panwas Kota Salatiga Agung Ari Mursito.

Sejumlah peserta sosialisasi merasa senang mendapatkan sosialisasi ini. Hal ini sangat penting karena selama ini, sangat jarang organissasi PKK itu dilibatkan dalam kegiatan pemilu.

Pasalnya, sosialisasi semacam ini sangat penting dilakukan bahkan, organisasi PKK siap untuk membantu melakukan pengawasan dalam Pilgub Jateng 2018 mendatang. Selain itu, ibu-ibu PKK itu dapat lebih gamblang mengetahui proses tahapan Pilkada 2018 ini.

“Kami senang mendapatkan sosialisasi ini, dan kami akan sosialisasikan kepada masyarakat di wilayah kami. Paling tidak diawali sosialisasi kepada anggota PKK, dari sini kader PKK dapat membantu melakukan sosialisasi kepada masyaralat khususnya tentang pengawasan pemilu ataupun Pilkada,” ujar Tutik Murwani, salah seorang pengurus PKK Kelurahan Dukuh, Kecamatan Sidomukti, Salatiga. (Her)

 

Loading...
Click to comment

Most Popular

To Top