KESEHATAN

Peneliti Inggris Perkenalkan Obat Tetes Mata Pencegah Kebutaan

Obat tetes mata revolusioner penyembuh kebutaan yang disebabkan oleh degenerasi makular (akibat usia) baru-baru ini diperkenalkan para peneliti dari Inggris.

Sebelumnya, menurut Mail Online (16/5/217), degenerasi makular adalah kondisi mata yang diatasi dengan cara menyuntikan obat dengan jarum langsung pada bola mata si penderita.

Dengan hadirnya obat tetes mata ini, para penderita degenerasi makular tentunya bisa bernapas lega karena tidak harus lagi melewati proses pengobatan yang menyakitkan tersebut.

Obat yang dikembangkan oleh peneliti dari University of Birmingham ini diketahui menggunakan molekul bernama cell-penetrating peptide (CPP), yang diklaim mampu mengirim obat langsung pada area yang dituju dan hanya dalam hitungan menit.

Dr. Felicity de Cogan, Kepala penelitian meyakini bahwa temuan dari penelitian ini akan merubah masa depan dunia medis, khususnya teknik pengobatan mata, kearah yang lebih baik. Penelitian ini dirilis pada Opthamology and Visual Science.

Degenerasi makular sendiri adalah sebuah kondisi mata di mana sang penderita secara perlahan tapi pasti, menuju pada kebutaan, khususnya pada titik sentral pengelihatan.

Mereka yang mengalami kondisi ini, akan mengalami kesulitan untuk membaca dan mengenali wajah orang lain. Kondisi ini sendiri tidak menyebabkan rasa sakit pada mata yang terdampak.

Salah satu penyakit yang bertanggungjawab atas tingginya kebutaan di dunia ini biasanya terjadi pada kedua belah mata, namun seberapa cepat kerusakannya, dapat berbeda-beda pada masing-masing bola mata.(ruf)

Loading...

Most Popular

To Top