KILAS PANTURA

Mudik ke Tegal? Yuk Kunjungi 10 Destinasi Wisata Ini

Sumber foto : Google Image (wisata-tanahairdotcom)

TEGAL – Tahukah Anda tempat kelahiran tokoh terkenal seperti Limbad dan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo. Yup, bener banget, daerah itu namanya Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Ternyata bumi Tegal yang punya semboyan Laka-laka ini juga memiliki keindahan destinasi wisata yang ngehits banget.

Wilayah Tegal berupa dataran rendah (pantai) dan dataran tinggi (pegunungan) yang menjadi keuntungan tersendiri bagi Tegal, karena dari sana banyak tempat-tempat menarik yang bisa kita kunjungi. Dan semuanya hampir tersebar merata dari ujung utara hingga ujung selatan.

Menurut Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya, setidaknya ada 10 destinasi wisata alam favorit di Tegal. Belum lagi soal kuliner, Tegal yang berbatasan erat dengan Brebes itu tak hanya terkenal dengan telur asinnya. “Di pinggir jalan Pantura (pantai utara) banyak penjaja telur asin. Ketika memasuki Kota Tegal, maka kuliner yang tersohor adalah sate kambing. Ya, sate kambing Tegal sangat dikenal luas oleh publik. Silakan coba, mumpung berada di Tegal,” ujarnya.

Kalau sudah mampir Tegal dan mencicipi aneka kulinernya, Menpar Arief Yahya berpesan agar tak lupa untuk men-share foto-foto keindahan alam dan karya budaya, seperti kesenian dan aneka masakan khas ke media social,  seperti Facebook, Instagram, Twitter, Pinterest, Google+ dan lain-lain.

Lalu mention ke para sahabat, dan share ke public di netizen. Itu adalah media yang paling murah, dengan impact agaa memviral luar biasa. “Suasana bahagia, foto-foto suka cita, keindahan alam yang tertata, semua itu menginspirasi orang lain untuk ikut mencoba,” tambah Menpar Arief Yahya.

Berikut beberapa kawasan yang patut dikunjungi di Tegal, yang merupakan rekomendasi dari Menpar Arief Yahya, #MudikPenuhPesona #MudikJalurWisata #PesonaIndonesia #WonderfulIndonesia:

1. Pemandian Air Panas Guci.
Pemandian Air Panas Guci adalah destinasi wisata legendaris dan paling terkenal di Tegal. Di sini Anda bisa rileks dan melepas lelah sembari berendam di air yang hangat. Letaknya berada di kaki Gunung Slamet yang sejuk dan menyediakan air hangat alami dari perut bumi. Sumber air panas yang berasal dari gunung api ini dipercaya memiliki banyak khasiat yang menyehatkan. Kawasan wisata ini selalu ramai dikunjungi wisatawan, baik dari dalam kota maupun daerah sekitar Tegal.

2. Rita Park
Ini dia tempat wisata keluarga di Kota Tegal yang sedang naik daun. Rita Park, merupakan tempat wisata baru yang menawarkan berbagai wahana permainan. Rita Park disebut-sebut sebagai wahana bermain terbesar di Jawa Tengah, jadi pasti rugi jika Anda tidak mampir ke sini. Wahana permainan yang ada di sini diantaranya Bom-bom Car, Cinema 5D, Circus Travel, Flying Tiger, Frog Jump, Kiddie Ride, dan lain-lain.

3. Curug Luhur
Tidak seperti wisata air terjun lainnya yang memiliki kolam dalam, Curug Luhur ini justru memiliki kolam yang landai, sehingga pengunjung bisa menikmati sensasi bermain air di bawah air terjun. Air terjun Curug Luhur, yang memiliki ketinggian 25 meter (m) ini juga menawarkan pesona alam yang luar biasa indahnya. Pepohonan hijau dan tebing bebatuan yang berada di sekitarnya, seolah menjadi tempat yang pas bagi anda memulai petualangan di Tegal.

4. Pantai Alam Indah
Pantai ini berada di lokasi yang strategis, dekat dengan pusat Kota Tegal, serta tidak jauh dari jalur Pantura, sehingga kendaraan apapun bisa mengakses pantai ini hingga ke tepi. Pantai Alam Indah dikenal dengan suasana senjanya yang memesona. Tak heran jika pantai ini menjadi kawasan favorit para pelancong yang hobi fotografi saat matahari tenggelam.

5. Wisata Air Gerbang Mas Bahari
Wisata air Gerbang Mas Bahari Waterpark merupakan tempat wisata lain yang terdapat di Kota Tegal. Tempat wisata ini sangat cocok untuk dinikmati bersama keluarga, terutama saat musim liburan tiba. Di tempat wisata ini terdapat berbagai macam wahana yang siap dinikmati, seperti kolam renang, kolam ombak,wet futsal, kiddy pool, dan lainnya.

6. Gua Lawet
Setelah menikmati air terjun, kini saatnya berpetualang menyusuri gua. Gua Lawet adalah salah satu tempat yang wajib Anda kunjungi bila berada di Tegal. Gua yang sudah ada sejak ratusan tahun lalu ini dipercaya pernah dikunjungi sejumlah penguasa atau raja-raja Kerajaan Mataram.

7. Situs Purbakala Semedo
Tegal juga memiliki situs purbakala yang diberi nama Situs Purbakala Semedo. Situs ini berada di Desa Semedo, Kecamatan Kedung Banteng, Kabupaten Tegal atau 23,8 kilometer (km) dari pusat Kota Slawi, Kabupaten Tegal. Meski ukurannya tidak besar, namun situs ini memiliki koleksi yang lengkap. Sampai-sampai situs ini dijuluki sebagai Sangirannya Tegal. Beberapa koleksi fosil yang bisa dijumpai di sana, antara lain fosil gajah purba, badak, kuda nil, rusa, babi, sapi, kerbau, dan banteng. Selain itu, ada pula tengkorak Homo Erectus dan peninggalannya, seperti kapak penetal, serpih, serut.

8. Curug Putri
Masih berada di wilayah Bumijawa, Curug Putri merupakan salah satu air terjun yang bisa Anda nikmati keindahannya. Airnya berasal dari aliran Sungai Kalipedes, yang berhulu di Gunung Slamet. Curug Putri memiliki ketinggian kurang lebih 25 m, yang memisahkan Desa Dukuhbenda, Bumijawa, Tegal di  wilayah Kabupaten Tegal dengan Desa Padanama, Kecamatan Sirampog, yang masuk wilayah Kabupaten Brebes.

9. Curug Luhur
Tidak seperti wisata air terjun lainnya yang memiliki kolam dalam, Curug Luhur ini justru memiliki kolam yang landai, sehingga pengunjung bisa menikmati sensasi bermain air di bawah air terjun. Air terjun Curug Luhur, yang memiliki ketinggian 25 meter (m) ini juga menawarkan pesona alam yang luar biasa indahnya. Pepohonan hijau dan tebing bebatuan yang berada di sekitarnya, seolah menjadi tempat yang pas bagi anda memulai petualangan di Tegal.

10. Curug Penganten
Tak jauh dari Curug Luhur, terdapat wisata air terjun yang bernama Curug Penganten. Tidak seperti Curug Luhur yang ketinggiannya mencapai 25 m, Curug Penganten ini memiliki tinggi hanya 14 m saja. Tempat ini memiliki dua mata air terjun yang berdampingan, layaknya pasangan pengantin, sehingga dinamai Curug Penganten.(*)

Loading...

Most Popular

To Top