OLAHRAGA

MotoGP Austria: Sejarah Kelam Rossi, Misi Rekor Marquez

Seri ke-11 balapan MotoGP bakal berlangsung di Sirkuit Red Bull Ring, Austria, pada Minggu malam (13/8/2017). Pebalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi, dan jagoan Honda, Marc Marquez, punya catatan menarik jelang race.

Rossi dibayangi sejarah kelam di sirkuit ini. Pria asal Italia acap gagal menembus tiga besar ketika memacu motor di Red Bull Ring.

Rossi pernah naik podium di sana, tapi catatan itu ada pada kelas 125 cc. Itu pun diraihnya pada 1996 dan 1997. Sudah lama sekali.

Ketika naik kelas ke MotoGP, Rossi paling banter finis keempat di Red Bull Ring. Jelas, dia penasaran meraih podium di sana.

“Balapan di Austria tak menguntungkan. Ya, fakta kalau saya kesulitan di sana menjadi salah satunya. Tapi, apapun itu, saya berharap bisa berikan yang terbaik,” ungkap Rossi dikutip laman resmi MotoGP.

Beda pebalap, beda berita. Di sisi lain, sang juara bertahan, Marc Marquez, punya peluang menyamai rekor naik podium milik Max Biaggi dalam balapan di Red Bull Ring.

Setelah menempati finis pertama di MotoGP Ceko, Minggu (6/8), Marquez kini mengoleksi 57 kali podium. Rinciannya, 32 kali juara, 17 di tempat kedua, dan delapan kali di posisi ketiga.

Sementara Biaggi, yang aktif di kelas utama pada 1998-2005, mengoleksi 58 podium. Rinciannya; 13 kali juara, 26 runner-up, dan 19 kali naik di podium ketiga.

Satu kali naik podium lagi, Marquez menyamai perolehan Biaggi. Namun, memang itu akan sulit. Karakter Sirkuit Red Bull Ring kurang bersahabat dengan Honda.

“Red Bull Ring adalah sirkuit bagi pebalap Honda harus lebih berjuang seperti tahun lalu,” kata Marquez seperti dilansir dari GPOne.

Catatan naik podium paling banyak di kelas utama masih ditempati Rossi, yakni dengan 189 podium; 89 kali juara, 57 posisi kedua, dan 43 kali di tempat ketiga.

(fjr)

Loading...

Most Popular

To Top