INTERNASIONAL

Meski Diberi Sanksi, Korea Utara Tetap Ekspor Batubara

Ekspor batubara yang dilakukan Korea Utara ini diungkap intelijen. Negara terosilasi pimpinan Kim Jong-un tetap memasok batu bara ke beberapa negara di tengah sanksi bagi mereka.

Pejabat intelijen Barat yang dikutip oleh Reuters mengatakan, Korea Utara telah berulang kali mengirim batubara ke pelabuhan Rusia, di mana batubara itu dibongkar dan kemudian dikirim ke Korea Selatan dan Jepang.

Perwakilan kementerian luar negeri Rusia dan Jepang tidak menanggapi permintaan komentar Reuters, sementara kementerian luar negeri Korea Selatan mengatakan, Seoul “memantau setiap sanksi –menghindari kegiatan oleh Korea Utara”.

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) telah memberlakukan beberapa sanksi sebagai tanggapan atas uji coba persenjataan Korea yang semakin canggih. Namun, menurut sejumlah pejabat, upaya global untuk menghukum agresi Korea Utara dengan hukuman ekonomi telah dirusak oleh beberapa negara yang terus melakukan perdagangan dengan negara tersebut.

Perdagangan telah diduga mengalir di kedua arah, dengan laporan Reuters tahun lalu bahwa kapal-kapal Rusia telah mempertahankan “jalur kehidupan” ekonomi ke Korea Utara dengan memasok bahan bakar ke negara tersebut.

Berbicara pada tahun lalu dalam sebuah pertemuan Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa, duta besar Amerika untuk PBB, Nikki Haley, memperingatkan bahwa beberapa negara “terus mendanai program nuklir Korea Utara”. Dia merujuk laporan terkait rezim yang terus menyelundupkan batubara ke negara-negara tetangga di Asia dan secara ilegal memperoleh minyak sulingan melalui transfer kapal ke kapal. (The Independent/fjr)

Loading...
Click to comment

Most Popular

To Top