KESEHATAN

Masalah yang Muncul Ketika Anda Main-main dengan Jam Internal Tubuh

Lelah Anda di malam hari selalu dapat di bayar dengan tidur yang nyenyak dan terbangun segar di pagi harinya, ini adalah salah satu fungsi dari jam internal tubuh atau ritme sirkadian. Ritme ini membantu tubuh Anda untuk tahu kapan Anda harus bangun.

Namun, fungsi ritme ini bukan terbatas saja pada itu, ia juga mempengaruhi aspek lain dari kehidupan Anda, termasuk kesehatan tubuh. Jika Anda merusak jam internal tubuh Anda, salah satunya dengan tidur tidak tepat waktu, maka dapat memicu beberapa hal negatif seperti:

1. Berat badan melonjak

Ketika jam tidur Anda ngaco, maka napsu makan Anda juga ikut terdampak. Keinginan Anda untuk ngemil akan semakin tinggi, terlebih jenis makanan tinggi kalori, seperti junk food contohnya. Temuan ini dikemukakan oleh peneliti dari University of California.

2. Anda berpotensi terkena diabates

Bermain-main dengan jam internal tubuh Anda juga dapat menyebabkan lonjakan pada kadar insulin dan memicu terjadinya resistensi insulin. Ketika ini terjadi, maka tubuh Anda tidak lagi mampu menyerap insulin yang salah satu fungsinya untuk menyerap gula dalam darah. Alhasil, pankreas akan memproduksi lebih banyak insulin untuk membantu penyerapan glukosa tadi. Dan pada akhirnya, penumpukan glukosa pun tak terhindarkan dan berpotensi sebabkan prediabetes (masih bisa dicegah) atau diabetes itu sendiri.

3. Mood Anda buruk

Ketika ritme sirkadian Anda terganggu, selain kekurangan tidur hal ini juga dapat memicu durasi tidur yang lebih lama. Ketika itu terjadi, maka jam tubuh lain yang terdapat pada otak, menjadi tidak tersinkron, menyebabkan perubahan mood yang tidak stabil. Hal inilah yang menjelaskan mengapa orang yang kurang atau terlalu banyak tidur terkesan pemarah.

Sumber: MensHealth.com.sg

(ruf)

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top