KILAS SEMARANG

Lindungi Peneliti dan Pelaku Usaha, Unisbank Semarang Mendirikan Sentra HKI

KILASJATENG.COM, SEMARANG – LPPM Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang bekerjasama dengan Kadin Jawa Tengah dan Suara Merdeka menggelar kegiatan sosialisasi dan workshop klinik Hak Kekayaan Intelektual (HKI).

Mengusung tema “Membangun dan Melindungi Kekayaan Intelektual Bagi Peneliti dan Pelaku Usaha” ini, diselenggarakan di Ruang D.6.2 Unisbank Kampus Kendeng Semarang, Rabu (25/1).

Hadir sebagai pembicara yakni Ketua Kadin Jawa Tengah dan CEO Suara Merdeka Kukrit S.W yang diwakili Direktur Edukadin Agustina Devi, Disperindag Jawa Tengah Ratna Kawuri SH, Prof. Dr. Budi Santosa SH, Dr. Kholis Roisah SH M.Hum dan Dosen Undip Lapon Tukan Leonard SH.

Pada kesempatan tersebut, Prof. Dr. Budi Santosa SH memaparkan bahwa negara mempunyai tanggungjawab untuk memberikan perlindungan terhadap kekayaan intelektual.

“Ini adalah bentuk penghargaan terhadap hasil karya orang. Namun demikian, perlu ada partisipasi aktif oleh para peneliti ataupun pelaku UMKM untuk melakukan pendaftaran terhadap paten ke Ditjen HKI,” jelasnya.

Rektor Unisbank Semarang Dr. H Hasan Abdul Rozak SH.C.N.M.M mengatakan, kegiatan workshop ini merupakan rangkaian bentuk komitmen Unisbank Semarang dalam melindungi hasil riset atau penelitian dan pengabdian yang diharapkan dapat dipatenkan.

“Selain itu, yang terpenting adalah bermuara bermuara pada publikasi internasional bereputasi dan dapat memperoleh hak kekayaan intelektual. Hal ini tentunya sejalan dengan mandat UU 18 Tahun 2002 sistem penelitian, pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi,” ujarnya.

Peraturan ini, lanjutnya, mengisyaratkan keberadaan Perguruan Tinggi untuk mengelola kekayaan intelektual.

“Terkait dengan hal ini, secara simbolis kami menyerahkan kunci sebagai tanda pendirian Sentra HKI Unisbank. Kebetulan, secara kelembagaan kami mempercayakan kepada Agus Prasetyo Utomo S.Kom M.Kom sebagai nahkodanya,” jelasnya.

Sementara Dosen Fakultas Teknologi Informasi, Agus Prasetyo Utomo S.Kom M.Kom menyambut baik kegiatan sosialisai dan workshop ini. Pihaknya berkomitmen, untuk terus menerus memfasilitasi para peneliti dari kalangan akademisi dan pelaku UMKM.

“Seperti melakukan pendaftaran dan pengurusan kekayaan intelektual, baik itu hak cipta, merk, desain industry maupun paten,” katanya.

Sosialisasi dan workshop klinik HKI dipandu oleh Adi Suliantoro SH MH dan Dr Edy Wiharno M.Eng. Dalam kesempatan itu, Agus Prasetyo Utomo S.Kom M.Kom dinobatkan sebagai Ketua Sentra HKI. (Art)

 

Most Popular

To Top