KILAS DAERAH

Kota Salatiga Raih Penghargaan Kota Paling Toleran di Indonesia

KILASJATENG.COM, SALATIGA – Untuk yang kedua kalinya, Kota Salatiga kembali mendapatkan penghargaan. Kali ini meraih penghargaan Kota Paling Toleran di Indonesia tahun 2017. Penghargaan ini merupakan hasil dari Tim Peneliti Setara Institute dalam memperoleh indeks Kota Toleran 2017 selama setahun terakhir.
“Penghargaan Kota Paling Toleran ini merupakan bentuk dari kinerja yang baik seluruh aparatur sipil negara (ASN) di Lingkungan Pemkot Salatiga maupun peran aktif masyarakat dalam membangun dan kerukunan antar umat beragama di Salatiga.
Hal ini, juga merupakan bentuk dari kerja bersama antara pemerintah, tokoh masyarakat, tokoh agama, serta seluruh elemen masyarakat di Salatiga,” ujar Walikota Salatiga, Yuliyanto, Sabtu (18/11).
Kota Salatiga bersama empat daerah lain di Indonesia, memperoleh penilaian sebagai Kota Paling Toleran di Indonesia tahun 2017. Kota lain adalah, Kota Manado (Sulawesi Utara), Pematang Siantar (Sumatera Utara), Singkawang (Kalimantan Barat) serta Kota Tual (Maluku).
Sementara, yang masuk 10 besar kota toleran adalah Kota Binjai (Sumatera Utara), Kotamobagu (Sulawesi Utara), Palu (Sulawesi Tengah), Tebing Tinggi (Sumatera Utara) yang semuanya mendapat skor 5,80. Sedangkan berada pada peringkat sepuluh adalah Kota Surakarta dengan skor 5,72.
“Yang jelas, membangun serta membina toleransi itu merupakan sesuatu yang peacefull co existence. Berbagai kebijakan pemerintahan pun akan senantiasa menjauhkan diri dari sikap-sikap diskriminatif. Di Kota Salatiga ini, situasi kondusif dan non diskriminasi terus kami tegakkan demi meraih kedamaian maupun masyarakat dapat hidup rukun,” katanya. (Her)

Loading...

Most Popular

To Top