INTERNASIONAL

Ke Bangladesh dan Afghanistan, Jokowi Dinilai Membuat Peta Jalan Damai

Jakarta, liputan.co.id – Anggota Komisi I DPR RI Muhammad Arwani Thomafi menilai kunjungan Presiden Jokowi ke Afghanistan dan ke penampungan pengungsi Rohingya di Bangladesh memiliki makna strategis bagi Indonesia sebagai negara berpenduduk muslim terbesar di dunia.

Kunjungan tersebut menurut Arwani, memberi pesan soal komitmen Indonesia atas nasib yang menimpa saudara muslim di luar Indonesia serta memperkuat solidaritas yang digalang masyarakat Indonesia terhadap masyarakat Rohingya.

“Kehadiran Presiden Jokowi diharapkan dapat ditindaklanjuti dengan menggalang dukungan khsusunya dari negara-negara ASEAN kepada otoritas Myanmar untuk memastikan keselamatan dan keamanan warga Rohingya untuk kembali ke tempat asalnya,” kata Arwani, dalam rilisnya, Senin (29/1/2018).

Ditegaskannya, tidak mungkin warga Rohingya selamanya menjadi warga pengungsi di Bangladesh. Karenanya, posisi Indonesia telah terbukti berhasil terkait diplomasi terhadap Myanmar terutama atas dibukanya akses bantuan terhadap warga Rohingya.

Terkait kunjungan Presiden Jokowi ke Afghanistan, politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu menyatakan untuk mengukuhkan posisi Indonesia sebagai negara terbesar penduduk muslim di dunia.

“Presiden ke Afghanistan dengan wajah muslim yang damai, ramah dan mampu bersanding dengan sistem demokrasi. Respons positif masyarakat Afghanistan terhadap presiden menegaskan posisi tersebut,” terangnya.

Oleh karena itu, wakil Rakyat dari daerah pemilihan Jawa Tengah III ini menyatakan apresiasi terhadap peran aktif Indonesia di kancah dunia Internasional.

“Dapat dikatakan Presiden Jokowi pelopori penggalangan dukungan dunia internasional khususnya negara-negara yang tergabung dalam Organisasi Kerjasama Islam (OKI) untuk membuat peta jalan damai khususnya bagi negara-negara Islam yang hingga saat ini dirundung konflik domestik seperti di Yaman,” imbuhnya.

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top