NASIONAL

JK: Penambahan Libur, Ekonomi Jalan

Jusuf Kalla

KILASJATENG.COM, JAKARTA – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) meminta para pelaku usaha tidak terlalu risau dengan keputusan pemerintah menambah cuti Lebaran. Menurutnya, penambahan libur tidak akan mengganggu kinerja ekonomi. Sebaliknya, perekonomian akan bergerak semakin cepat.

JK menjelaskan, tambahan cuti bersama Lebaran pada dasarnya hanya dijalankan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan pegawai Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Sementara, para pegawai hotel dan pegawai swasta kan tetap bekerja. “Kalau kita libur jelang Lebaran apa yang kita buat? Jalan, beli baju, beli makanan, beli buah-buah akhirnya ekonomi jalan,” kata JK saat membuka acara transportation review Indonesia jelang mudik 2018 di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, kemarin.

Setelah Lebaran, lanjut JK, umumnya orang berwisata untuk menikmati liburan. Tempat wisata dan restoran akan rame. Ini otomatis akan menggerakkan ekonomi. “Nanti di Bali makin ramai, Malang rame, juga kota-kota lainnya karena banyak yang liburan,” beber JK.

Pada sisi lain, JK menerangkan, keputusan pemerintah menambah cuti Lebaran berguna untuk membantu mengatasi kemacetan saat mudik dan arus balik.

“Kasihan orang sering Lebaran di jalan. Makanya kemudian kita tambahlah 4 hari cuti bersama. Dua hari sebelum dan dua hari setelah ditambah Sabtu-Minggu kan jadi satu minggu,” kata JK.

Selain itu, JK menambahkan, untuk mengatasi kemacetan, pemerintah mempercepat pembangunan sejumlah jalan tol. Karena, mudik saat ini tantangannya pada masalah infrastruktur jalan.

“Dulu masalahnya di sarana transportasi, busnya yang kurang, kereta apinya yang kurang, sekarang tidak. Sekarang yang kurang sarana jalannya. Karena itulah pemerintah mempercepat jalan tol, jembatan. Itu yang terjadi dewasa ini,” tutupnya.

Seperti diketahui, pemerintah memutuskan jumlah hari cuti bersama Lebaran 2018 tetap ikuti Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri. Dalam SKB itu diputuskan cuti bersama sebanyak tujuh hari sehingga total libur Lebaran menjadi 10 hari pada 11-20 Juni 2018. (rmol)

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top