GAYA HIDUP

Jangan Salah! Diabetes Tipe 1 dan 2 Itu Beda, Cara Penanganannya Tidak Sama

Gagal menyadari tipe diabetes apa yang Anda idap dapat berakibat pada tidak bekerjanya konsumsi obat diabetes yang Anda konsumsi. Itu artinya Anda membiarkan kondisi kronis ini tanpa perawatan apapun.

Sebab itu penting untuk mengerti penyebab dan gejala dari baik diabetes tipe 1 atau tipe 2. Berikut yang perlu Anda perhatikan:

Diabetes tipe 1

Tipe 1 adalah penyakit autoimune yang artinya disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang salah sasaran menyerang bagian tubuh lain. Pada tipe 1, sistem kekebalan tubuh, sistem kekebalan tubuh justru menyerang beta sel yang berfungsi memproduksi insulin di dalam pankreas.

Ketika terus-terusan berlangsung, lama kelamaan pankreas akan kehilangan kemampuannya untuk memprduksi insulin. Oleh sebab itu, mereka yang mengidap diabetes tipe 1 harus secara manual menyuntikann insulin untuk menggantikan beta sel yang mati. Penderita diabetes tipe 1 sangat bergantung pada insulin.

Diabetes tipe 2

Berbeda dengan tipe 1, autoimune penderita diabetes tipe 2 tidak menyerang beta sel. Penderita diabetes tipe ini justru kehilang responnya akan insulin atau disebut dengan nama resistensi insulin.

Akibatnya tubuh secara alami akan memproduksi lebih banyak insulin untuk mengkompensasi jumlah insulin yang seolah tidak pernah cukup itu. Lama kelamaan, Lama kelamaan, tekanan yang diterima beta sel akan banyaknya produksi insulin ini menyebabkan matinya beta sel itu sendiri.

Adapun ciri yang membedakan keduanya:

Diabetes tipe 1

– Sering kali terdiagnosa di masa kanak-kanak
– Tidak berkaitan dengan berat badan berlebih
– Kadar ketone lebih tinggi dari normal saat diagnosa
– Tergantung pada suntik atau pompa insulin
– Tidak dapat terkontrol tanpa insulin

Diabetes tipe 2

– Biasanya terdiagnosa di atas usia 30 tahun
– Memiliki masalah dengan berat badan
– Seringkali dikaitkan dengan hipertensi dan kolesterol tinggi saat diagnosa
– Dapat dirawat tanpa obat atau medikasi
– Terkadang dapat dikontrol tanpa medikasi

(ruf)

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top