NASIONAL

H-10 Lebaran, Perbaikan Jalan Dihentikan

ilustrasi: int

KILASJATENG.COM, JAKARTA – Sebentar lagi masuk bulan puasa. Sejumlah persiapan terus dilakukan guna mengantisipasi lonjakan arus mudik Lebaran. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan seluruh permasalahan jalan-jalan utama tuntas saat digunakan untuk mudik.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian PUPR Danis H Sumadilaga, mengatakan seluruh pekerjaan perbaikan jalan akan dihentikan menjelang Lebaran. Semuanya akan berhenti pada H-10 sampai dengan H+10.

“Jadi pada H-10 pekerjaan akan dihentikan sampai dengan H+10. Semoga tidak ada hal-hal emergency sehingga kita tidak harus turun tangan langsung,” kata dia di di acara Transportation Review, Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (8/5).

Saat ini, katanya, Kementerian PUPR tengah fokus melakukan perbaikan jalan dengan melakukan penambalan jalan-jalan berlubang. Penambalan sementara untuk jalan-jalan yang rusak diharapkan bisa memperlancar arus mudik saat Lebaran.

“Jalur-jalur utama seperti di Sumatera, ada di jalur lintas timur, semua sedang bekerja kalau ada penambalan. Kalau di Jawa kan beban lebih banyak di utara, yakni pantura dan lintas tengah. Untuk Kalimantan itu rutenya dari Banjarmasin, Palangkaraya sampai Balikpapan. Itu polanya seperti itu,” lanjut Danis.

“Sedangkan untuk di Pulau Sulawesi rutenya dari Parepare ke arah lintas timur. Bali dari arah Denpasar sampai ke arah penyeberangan di Gilimanuk,” tambah Danis.

Untuk jalan tol, Danis menyebut semua jalan tol di Pulau Jawa sudah bisa digunakan semua. “Semuanya Insya Allah akan beroperasi,” pungkasnya. (JPC)

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top