KILAS PANTURA

Gelar Kuliah Umum, Ponpes Darul Muqorrobin Datangkan Ustadz dari Mesir

KILASJATENG.COM, KENDAL – Sejumlah santri nampak antusias mengikuti kuliah umum yang diselenggarakan di aula Ponpes Darul Muqorrobin, Sijeruk, Kabupaten Kendal.

Mengangkat tema “Keutamaan Belajar Ilmu Agama Dalam Membangun Masyarakat di Indonesia”, kuliah umum ini juga mendatangkan langsung dosen dari Al Azhar Kairo Mesir.

Pimpinan Ponpes Darul Muqorrobin, Habib M Firdaus Al Munawar menuturkan, kuliah umum ini diselenggarakan atas konflik sosial ataupun konflik antar umat beragama yang mengancam kebinekaan bangsa.

“Kebinekaan bangsa Indonesia harus dipertahankan, karena telah teruji keutuhannya serta mampu mempersatukan berbagai umat beragama dan ragam budaya. Kebhinekaan bangsa inipun juga lahir dari pikiran para ulama,” katanya, kemarin.

Menurutnya, bagaimanapun para ulama telah berkontribusi besar dalam membesarkan bangsa ini. Banyak juga ilmuwan-ilmuwan yang melahirkan bidang keilmuan.

Ilmuan tersebut seperti diantaranya, Ibnu Sina dalam bidang kedokteran, Al Khawarizmi dalam bidang Matematika, AlFarobi bidang ilmu Filsafat, Ibnu Khaldun bidang ilmu Sosiologi Islam serta Ibnu Rusyd bidang Ilmu Astronomi dan Filsafat.

“Sudah saatnya para santri mengambil peran dan menguasai semua bidang ilmu baik ilmu agama maupun sains,” ujarnya.

Habib M Firdaus Al Munawar menambahkan, seusai menyelenggarakan kuliah umum, secara kelembagaan Ponpes Darul Muqorrobin juga memberikan penghargaan terhadap 20 santri yang mampu menghafalkan 42 hadist.

“Ini adalah bentuk apresiasi terhadap santri yang  tekun belajar, mereka sangat layak di berikan ijazah Sanad Kitab Arba’in,” imbuhnya.

Sudah saatnya, lanjut dia, para santri mengambil peran dan menguasai semua bidang ilmu, baik ilmu agama maupun sains.

“Khususnya bagi santri Ponpes Darul Muqorrobin, juga dibuka kesempatan seluas-luasnya untuk dapat melanjutkan pendidikan di Al Azhar Kairo Mesir,” pungkasnya. (Las)

 

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top