KILAS PANTURA

Dampingi Mentan, Aster Kasad dan Kasdam IV/Diponegoro Panen Raya di Pati

KILASJATENG.COM, PATI – Betempat diarea persawahan Desa Wotan Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati dilaksanakan panen raya padi yang dihadiri oleh Menteri Pertanian (Mentan) Dr Ir Andi Amran Sulaiman didampingi sejumlah pejabat serta Bupati setempat, Rabu (7/2).

Hadir dalam acara tersebut Aster Kasad Mayjen TNI Supartodi, Kasdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Bakti Agus Fadjari, Dirbinmas Kombes Pol Drs Budi Utomo, Danrem 073/Makutarama Kolonel Inf Johny Pardede S Sos MM dan Aster Kasdam IV/Dip Kolonel Inf Amrin Ibrahim.

Dalam sambutannya, Mentan mengungkapkan pihaknya terus meningkatkan jumlah  serap gabah dua kali lipat dibanding tahun lalu yang sebelumnya hanya 2,4 juta/ton gabah menjadi 4,4 juta/ton gabah hingga Juni 2018.

“Selain itu, diharapkan pada tahun ini panen padi ditargetkan kenaikan mencapai  sebesar 5 persen dibandingkan tahun 2017,” ujarnya.

Diungkapkan, saat ini pemerintah memberikan perhatian khusus kepada para petani mulai menjaga harga, mendukung infrastruktur dan teknologi yang dibutuhkan para petani. Pemerintah juga akan memberikan asuransi pada bidang pertanian.

“Asuransi bidang pertanian ini merupakan asuransi pertama kali di Indonesia yang diberikan pemerintah kepada para petani,” ungkapnya.

Terkait dengan curah hujan yang tinggi saat ini, Mentan dapat mensiasati debit air. Salah satunya dengan cara normalisasi irigasi, sehingga dapat menyelesaikan masalah yang dialami.

“Jangan pernah pasrah dengan masalah, namun harus ada solusi untuk mengatasi masalah,” tegasnya dihadapan para petani.

Dicontohkan Mentan, saat mengalami banyak hama. Maka salah satu solusi yang dilakukan para petani adalah mengendalikan hama tersebut, karena kemungkinannya  akan selalu terjadi.

Sementara itu Aster Kasad Mayjen TNI Supartodi menyatakan, aparat TNI akan terus mendukung program pemerintah khususnya dalam bidang pertanian.

“Dalam hal ini, jajaran Kodim dan para Babinsa akan terjun langsung pada proses tanam, pemeliharaan padi, panen hingga menyaluran hasil panen,” katanya. (Las)

 

 

 

Loading...
Click to comment

Most Popular

To Top