INTERNASIONAL

Belum Ada Masjid, Komunitas Islam Indonesia Di London Curhat Ke DPD RI

Jakarta, liputan.co.id – Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Oesman Sapta didatangi delegasi Indonesian Islamic Centre London, di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Kamis (11/1/2018).

Kepada Oesman Sapta, Chairman Indonesian Islamic Centre-London, Memet Purnama Hasan, menyatakan pihaknya berencana untuk membangun masjid di Kota London, Inggris.

Menyikapi hal tersebut, Oesman menyatakan mendukung rencana itu. “Ini sangat bagus. Saya mendukung pembangunan mesjid ini karena akan memudahkan umat muslim untuk menjalankan ibadah,” kata Oesman.

Lebih lanjut Senator asal Kalimantan Barat itu mengingatkan pentingnya kepastian pembebasan lahan terlebih dahulu sebelum masuk ke proses pembangunan pisik masjid mengingat harga tanah di London sangat mahal.

“Ingat ya, memang untuk harga tanah di sana sangat mahal. Berbeda dengan di sini,” ujar Oesman yang juga Ketua Umum Gebu Minang itu.

Menyikapi dukungan Ketua DPD RI, Memet Purnama Hasan menyatakan berterimakasih. “Atas dukungan Ketua DPD RI terhadap rencana pembangunan mesjid ini, kami sampaikan terima kasih,” kata Memet.

Dia jelaskan, saat ini ada sekitar 3.000 lebih umat muslim Indonesia di London, tapi belum memiliki mesjid.

Terkait dengan rencana pembangunan masjid ujarnya, saat ini telah tersedia lahan 400 meter untuk pembangunan mesjid dengan harga per meter mencapai 10.000 Pound Sterling. “Kita membeli tanah sesuai dengan kemampuan kami,” ungkap Memet.

Dia akui, untuk mendirikan mesjid di Inggris sangat sulit apalagi membentuk organisasi muslim. Sebab ujarnya, masih ada stigma negatif tentang muslim atau islamphobia.

“Kami juga telah beraudiensi dengan pemerintahan Indonesia dan mendapatkan dukungan. Namun kami tidak hanya membutuhkan dukungan moril saja,” imbuh dia.

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top