KILAS DAERAH

APIK Salatiga Kecam Pernyataan Donald Trump soal Yerusalem

KILASJATENG.COM, SALATIGA – Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Peduli Kemanusiaan (APIK) Salatiga menggelar aksi damai di depan Kantor Walikota Salatiga, Rabu (13/12). Mereka mengecam terkait pernyataan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump soal Jerusalem sebagai Ibukota Israel.

“APIK menyatakan bahwa keputusan dari Donald Trump itu adalah keputusan sepihak dan merupakan bentuk kezaliman terhadap bangsa Palestina bahan melukai umat Islam. Terus terang, kami dari APIK mengecam dan mengutuk keras pernyataan Presiden AS itu,” kata Koordinator Aksi, Ahmad Nur Khalim dalam orasinya.

Menurutnya, pernyataan Donald Trump itu juga melanggar tiga resolusi, yaitu Resolusi Nomor 242 Tahun 1967, Resolusi Nomor 478 Tahun 1980 terkait penolakan keputusan pemerintah penjajah Israel yang mencaplok Yerusalem dan menjadikannya sebagai ibukota abadi bagi negara penjajah Israel.

Resolusi ketiga adalah Resolusi Nomor 2334 Tahun 2016, tentang sikap DK PBB yang tidak mengakui perubahan apapun yang dilakukan Israel di wilayah perbatasan tahun 1967 termasuk di Jerusalem tanpa melalui perundingan.

“Melalui aksi ini, APIK Salatiga menuntut pemerintah Republik Indonesia secepatnya memutuskan dan mengambil langkah tegas berupa pemutusan kerjasama dengan AS. Kami mendesak Presiden RI Joko Widodo mengusulkan agenda khusus membahas kemerdekaan Palestina di forum OKI dan mendorong PBB untuk mengambil sikap terhadap pelanggaran hukum internasional ini,” ungkapnya. (Her)

 

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top