NASIONAL

Menpora Jadi Irup Peringatan Hari Patriotik dan Apel Akbar Dua Dasawarsa Gorontalo

Gorontalo – Menpora Zainudin Amali menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Patriotik ke-78, di Gelanggang Olahraga Telaga Gorontalo, Kamis (23/1) pagi. Peringatan ini dilaksanakan sebagai upaya memupuk semangat patriotisme dan nasionalisme yang telah terpatri di Gorontalo sejak sebelum kemerdekaan, yaitu pada tanggal 23 Januari 1942 dimana Pahlawan Nasional Nani Wartabone bersama tokoh Gorontalo lainnya mendeklarasikan kemerdekaan Indonesia.

“Peringatan ini bermakna retrospektif mengingat kembali sejarah perjuangan, instrospektif mawas diri terhadap apa yang sudah dilakukan, dan prospektif menatap formula masa depan dengan realita kekinian,” kata Menpora saat menyampaikan amanat dalam upacara.

Selain Hari Patriotik, tanggal 23 Januari juga diperingati sebagai Hari Deklarasi Provinsi Gorontalo yang saat ini sudah berusia 20 tahun. Dalam perjalanan dua dasawarsa, Menpora mengajak untuk melawan lupa terhadap tokoh-tokoh masyarakat yang mendeklarasikan, sekaligus mengajak seluruh komponen yang ada di Gorontalo untuk bersatu padu demi kemajuan dan kesejahteraan.

“Akhirnya saya mengajak Pemerintah Gorontalo, Kabupaten/Kota se-Gorontalo, segenap masyarakat, dunia usaha, ASN, anak-anak generasi muda, pelajar, untuk membulatkan tekad, semangat, bersatu padu ambil bagian mengisi pembangunan demi Gorontalo yang lebih maju,” ucap Irup asli Gorontalo ini.

Peserta upaca sejumlah 10.000 orang terdiri dari unsur instansi pemerintah, TNI/Polri, sekolah, dan masyarakat. Hadir, Ketua DPRD Paris RA Jusuf, Kapolda Wahyu Widada, Danrem 133 NWB Arnold AP Ritiauw, Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo, Bupati Bonebol Hamim Pou, Bupati Pohuwato Syarif Mbuinga, Bupati Gorut Indra Yasin, Bupati Boalemo Darwis Moridu, Walikota Gorontalo Martin Taha, Wabup Tojo Una-una Admin AS Lasimpala. (kemenpora)

The post Menpora Jadi Irup Peringatan Hari Patriotik dan Apel Akbar Dua Dasawarsa Gorontalo appeared first on LIPUTAN.CO.ID.

Loading...

BERITA POPULER

To Top