RAGAM

Lokakarya Pengelolaan Kekayaan Intelektual Tekankan Pentingnya Inovasi mulai dari Grassroot Level

Jakarta – “Inovasi dan kreativitas adalah fondasi peradaban dan merupakan kunci bagi pencapaian Visi Indonesia Maju”, demikian ditegaskan Direktur Jenderal Kerja Sama Multilateral, Kementerian Luar Negeri, Febrian Ruddyard, pada saat membuka Lokakarya Nasional bertajuk Pengelolaan Kekayaan Intelektual, Alih Teknologi dan Inovasi, di Jakarta (04/12/2019). Lokakarya tersebut adalah hasil kerja sama Kementerian Luar Negeri dan Organisasi Kekayaan Intelektual Dunia (World Intellectual Property Organization/ WIPO) yang bertujuan untuk mencapai visi perkembangan inovasi di segala sektor melalui penciptaan dan penguatan mata rantai inovasi Indonesia, khususnya dari grassroot level seperti UMKM.

“Kita perlu memastikan adanya mata rantai inovasi yang efektif, yang menghubungkan para pelaku kekayaan intelektual Indonesia dalam suatu jaringan kolaborasi, untuk memajukan kapasitas inovasi bangsa dan memastikan pemanfaatan serta nilai ekonomi dari inovasi tersebut”, demikian diutarakan Dirjen Febrian.

Hadir juga selaku pembicara utama adalah Duta Besar, Wakil Tetap RI untuk PBB, WTO dan Organisasi Internasional lain di Jenewa, Swiss, Hasan Kleib yang menjelaskan pentingnya menghubungkan kebijakan kekayaan intelektual dan kebijakan pembangunan untuk menciptakan lapangan perkerjaan dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi melalui inovasi dan kreativitas yang berdaya saing. Selain itu, lokakarya juga menghadirkan pembicara-pembicara yang mewakili aktor rantai inovasi Indonesia seperti Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Divisi Inkubator Inovasi dan Bisnis Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Gajah Mada, Asosiasi Konsultan Kekayaan Intelektual Indonesia dan Gojek.

Lokakarya juga membahas pentingnya valuasi dan pengelolaan aset Kekayaan Intelektual, yang mencakup paten, merek, desain dan hak cipta. Dibahas pula pentingnya keselarasan antara upaya seluruh aktor inovasi Indonesia dengan prioritas Pemerintah untuk membangun Indonesia maju yang berdaya saing tinggi. (kemenlu)

The post Lokakarya Pengelolaan Kekayaan Intelektual Tekankan Pentingnya Inovasi mulai dari Grassroot Level appeared first on LIPUTAN.CO.ID.

Loading...

BERITA POPULER

To Top