KILAS SEMARANG

Warga Kampung Tambak Dapatkan Layanan Kesehatan Gratis

KILASJATENG.COM, SEMARANG – Warga Kampung Tambak, Kelurahan Bandarharjo, Semarang Utara mendapat layanan kesehatan keliling gratis yang digelar PT Kalimantan Jawa Gas (KJG), PT Indonesia Power (IP) bekerja sama dengan Initisiatif Zakat Indonesia (IZI) Jateng di Masjid Barokatus Solikin, Bandarharjo, Rabu (20/11).

Pengobatan gratis ini merupakan rangkaian dari program Layanan Kesehatan Keliling (LKK) yang digelar enam kali dalam setahun dan sudah masuk tahap kelima. Dalam pelayanan kesehatan tersebut, segenap tim medis yang terdiri dari 3 dokter, 6 perawat dan 3 apoteker berhasil melayani ratusan pasien.

Adapun bentuk pelayanan yang dilakukan adalah konsultasi dokter, tensi, pemberian obat secara gratis dan cek lab sederhana, meliputi gula darah, kolesterol dan asam urat serta pemberian makanan tambahan (PMT) gratis kepada balita.

Dipilihnya Kampung Tambak merupakan wilayah yang padat penduduk dan dekat dengan jalur Pantai Utara (Pantura) sehingga cocok diberikan layanan kesehatan gratis untuk meningkatkan kesehatan warga.

Humas dan CSR PT Kalimantan Jawa Gas, Siska Fitria Hapsari menyampaikan, kegiatan layanan kesehatan keliling yang merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR) ini diadakan enam kali dalam setahun yang bekerjasama dengan IZI Jateng.

“Kita percayakan sama IZI untuk mencari daerah-daerah yang memang memerlukan layanan kesehatan keliling, seperti masyarakat di sini. Kebetulan daerah ini memang pantas sekali ya, karena antusias warga juga sangat luar biasa. Banyak juga yang mengikuti kegiatan ini. Semoga berguna bagi masyarakat,” ujar Siska.

Sementara, Kepala IZI Kantor Perwakilan Jateng, Djoko Adhi Saputro mengatakan, kegiatan layanan kesehatan keliling kali ini diikuti sekitar 300-an warga di lingkungan setempat.

“Warga sangat antusias mengikuti layanan kesehatan keliling ini. Terlihat sejak pagi warga sudah mengantri untuk mendapatkan layanan kesehatan gratis,” kata Djoko.

Dirinya berharap layanan kesehatan keliling ini bisa bermanfaat untuk warga Kelurahan Bandarharjo yang membutuhkan.

Dalam kesempatan itu juga diadakan penyuluhan kesehatan sekaligus launching Pusat Kesehatan Masjid yang merupakan program pemberdayaan masyarakat. Program tersebut berfungsi sebagai salah satu bentuk ikhtiar dalam memperhatikan masyarakat dibidang kesehatan. (Art)

Loading...

BERITA POPULER

To Top