KILAS SEMARANG

Kota Semarang Raih Kota Sehat Swasti Saba Wistara

KILASJATENG.COM, SEMARANG – Upaya seluruh elemen masyarakat untuk membangun Semarang sebagai kota sehat menghasilkan predikat Swasti Saba Wistara, yang mana merupakan predikat tertinggi untuk sebuah kota sehat menurut Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Apresiasi pun diberikan kepada Kota Semarang pada kegiatan Penyerahan Anugerah Swasti Saba di Ruang Sasana Bhakti Praja Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jakarta, Selasa (19/11/2019).

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi hadir secara langsung mewakili masyarakat Kota Semarang menerima piagam apresiasi yang diberikan langsung oleh Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian.

Usai seremonial penyerahan penghargaan, wali kota yang biasa akrab disapa Hendi tersebut menyampaikan rasa syukurnya atas perjuangan kota yang dipimpinnya dalam meningkatkan predikat kota sehat.

Pasalnya dalam dua kali ajang Swasti Saba, Kota Semarang baru meraih predikat Padapa (2015) dan Wiwerda (2017). Baru pada tahun 2019 inilah Kota Semarang mendapat penghargaan Wistara.

“Alhamdulillah tahun ini ada progres pencapaian kesehatan di Kota Semarang. Kalau sebelumnya tahun 2015 mendapat kategori Padapa, kemudian 2017 Wiwerda, tahun ini bisa meraih Swasti Saba Wistara yang merupakan penghargaan tertinggi dari pelaksanaan konsep Kota/ Kabupaten Sehat,” ujar Hendi.

Penghargaan Kota Sehat Swasti Saba, kata Hendi, merupakan bentuk apresiasi dari Kementerian Kesehatan dan Kementerian Dalam Negeri kepada kabupaten dan kota dalam menerapkan tatanan kawasan sehat.

Penghargaan ini diselenggarakan setiap dua tahun sekali dengan tiga kategori tingkatan, dari yang terendah yaitu Padapa, Wiwerda hingga yang tertinggi, Wistara.

Lebih lanjut Hendi menjelaskan Kota Semarang meraih penghargaan Swasti Saba Wistara karena dinilai berhasil melaksanakan lima tatanan/kawasan sehat. Di antaranya kawasan pemukiman, sarana dan prasarana umum, kawasan pariwisata sehat, kehidupan masyarakat yang mandiri, ketahanan pangan dan gizi, kehidupan sosial yang sehat, serta kawasan sarana lalu lintas tertib dan pelayanan transportasi.

“Karena sudah bisa meraih Swasti Saba Wistara, maka harusnya komitmen sedulur-sedulur harus lebih tinggi lagi untuk bersama-sama menjaga Semarang sebagai kota yang bersih, nyaman dihuni. dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” harap Hendi.

Hendi menambahkan, komitmen bersama itu dirasa penting karena keberhasilan Kota Semarang meraih kategori tertinggi Swasti Saba Wistara adalah merupakan buah kerja bersama dan kolaborasi semua elemen masyarakat, termasuk Forum Kota Sehat dan PKK Kota Semarang.

“Dengan konsep bergerak bersama, seluruh pihak mulai PKK, Forum Kota Sehat menjadikan penanganan kesehatan berjalan dengan baik, waras wargane, sehat kotane,” tegasnya. (Art)

Loading...

BERITA POPULER

To Top