KILAS PANTURA

Jurus Bugar Bagi ASN Batang Meskipun Sibuk Bekerja

Batang – Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Batang membagikan jurus bugar bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Batang meskipun sibuk bekerja saat ceramah kesehatan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) ke-48 dan Dharma Wanita Persatuan ke-20 di Aula Kantor Bupati Batang, Rabu (27/11/2019).

Sekretaris Daerah Kabupaten Batang Nasikhin mengatakan gerakan hidup sehat sesuai Instruksi Presiden no. 1 tahun 2017 yaitu suatu tindakan yang sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan, dan kemampuan berperilaku hidup sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

“Kualitas hidup dapat melalui peningkatan aktivitas fisik setiap hari, menyediakan makanan yang sehat dan bergizi, dan mendeteksi dini penyakit jadi jangan takut untuk mengecek kesehatan kita ke rumah sakit atau puskesmas terdekat,” terangnya.

ASN di Kabupaten Batang yang sibuk bekerja dari pagi sampai sore, lanjutnya, dapat rajin melakukan aktivitas fisik agar tubuh menjadi bugar dan mencegah penyakit.

Sementara itu Fasilitator Kesehatan Provinsi Jawa Tengah Sri Lestari mengatakan melakukan cek kesehatan merupakan kegiatan penting agar dapat mendeteksi penyakit tidak menular agar dapat diantisipasi.

“Untuk mencegah penyakit tidak menular dengan menjadikan tubuh kita bugar dan sehat. Jadi kalau kita rajin melakukan aktivitas fisik apapun akan menjadikan tubuh kita terbiasa dipacu, sehingga kita bisa menjadi bugar,” jelasnya.

Ia menambahkan penyakit tidak menular merupakan potensi terbesar sekarang, karena di tahun 2000 saja presentase penyakit tidak menular hanya 47%, tapi ditahun 2015 sudah meningkat menjadi 57%.

“Jadi potensi penyakit tidak menular di Indonesia ini meningkat sangat pesat sekali sudah menggeser penyakit yang menular. Penyakit yang tidak menular antara lain stroke, kecelakaan lalu lintas, jantung, kanker, dan diabetes,” ujarnya.

Diharapkan para ASN di Kabupaten Batang melakukan aktivitas fisik secara teratur dan berulang-ulang tidak hanya cuma sekali saja, tujuannya untuk meningkatkan kebugaran jatung. (pemkabbatang)

Loading...

BERITA POPULER

To Top