KILAS SEMARANG

Gelar Gebyar Pajak Daerah 2019, Wali Kota Hendi Apresiasi Warga Taat Pajak

KILASJATENG.COM, SEMARANG – Upaya Pemerintah Kota Semarang untuk mengoptimalisasikan penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) terus dilakukan.

Salah satunya dengan menggelar Gebyar Pajak Daerah setiap tahunnya. Begitu juga di tahun ini yang pelaksanaannya berlangsung di halaman Balaikota Semarang, Kamis (7/11) malam.

Gebyar Pajak Daerah 2019 yang diselenggarakan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Semarang ini dibuka secara resmi oleh Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, didampingi Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu dan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Semarang Iswar Aminudin.

Hadir pula Ketua DPRD Kota Semarang Kadarlusman, sejumlah pimpinan SKPD dan pegawai di lingkungan Pemerintah Kota Semarang. Serta, sejumlah wajib pajak (WP) dari masyarakat umum.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi mengatakan, kegiatan Gebyar Pajak Daerah ini selalu rutin dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Semarang sebagai upaya meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pajak.

Selain itu, juga sebagai langkah edukasi dan motivasi kepada masyarakat agar membayar pajak tepat waktu.

“Tujuannya untuk memotivasi masyarakat supaya mereka punya kegairahan untuk membayar pajak tepat waktu, terutama PBB. PBB jadi komponen penting untuk pembangunan,” tutur Hendi, sapaan akrabnya.

Menurutnya, melalui acara ini, partisipasi masyarakat untuk membayar pajak semakin meningkat. Hal ini dapat dilihat dari capaian pendapatan PBB.

Pada 2018 lalu, Pemerintah Kota Semarang mendapatkan PAD dari sektor PBB sebesar Rp 410 miliar dari target Rp 380 miliar. Sedangkan tahun ini, PBB sudah mencapai Rp 466 miliar dari target sebesar Rp 425 miliar dan tahun anggaran masih berjalan.

“Alhamdulillah saya rasa partisipasi masyarakat dari hari ke hari semakin meningkat. Untuk itu ada sebuah optimisme tahun depan kita naikkan lagi, target jadi 490 miliar dengan harapan dapat tembus lebih dari itu. Sehingga, pembangunan di Kota Semarang dapat semakin ditingkatkan,” ungkapnya.

Sementara itu, Plt Bapenda Kota Semarang, Agus Wuryanto mengatakan, Gebyar Pajak Daerah ini sebagai bentuk apresiasi kepada seluruh warga Kota Semarang yang rajin membayar pajak sebelum jatuh tempo.

“Selain memberikan hadiah utama berupa rumah tipe 38 dengan luas 72 meter persegi di Victoria Regency dan mobil sigra, juga membagikan 4 unit sepeda motor, 5 TV LED 32 inchi, 5 lemari es satu pintu, 5 mesin cuci dan 10 TV LED 24 Inch,” katanya.

Diakuinya, saat ini PBB memang menjadi primadona pendapatan sektor pajak. Target Rp 425 miliar itu udah terpenuhi sejak jatuh tempo pada Agustus lalu. “Kami optimis hingga akhir tahun ini pendapatan PBB akan semakin meningkat,” ujarnya.

Acara Gebyar Pajak Daerah 2019 ini juga dimeriahkan sejumlah artis daerah seperti Abah Lala MG86 Production, Jihan Audy dan ilux.id yang terkenal dengan beberapa lagu hitsnya seperti mundur alon-alon dan cendol dawet. (Art)

Loading...

BERITA POPULER

To Top