KILAS SEMARANG

Marimas Tawarkan Ecobricks, Mengelola Sampah Plastik Jadi Barang Berguna

KILASJATENG.COM, SEMARANG – Program Gerakan Nasional Pilah Sampah dari Rumah diluncurkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), di halaman Balaikota Semarang, Minggu (13/10/2019).

Hadir dalam acara tersebut diantaranya Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu, Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan B3 KLHK Rosa Vivien Ratnawati, Sekda Kota Semarang Iswar Aminuddin, Wakil Ketua DPRD Kota Semarang Mualim, anggota Forkopimda serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Semarang.

Gerakan Nasional Pilah Sampah dari Rumah menurut Wakil Wali Kota Semarang merupakan salah satu cara penyelamatan lingkungan dari pengaruh sampah plastik.

“Semoga dengan Gerakan Nasional Pilah Sampah dari Rumah ini akan meningkatkan kesadaran masyarakat agar dampak sampah plastik tidak mencemari lingkungan. Kita lakukan dari lingkungan keluarga kita, dari rumah kita,” ungkap Hevearita Gunaryanti Rahayu atau akrab disapa Mbak Ita itu.

Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan B3 KLHK Rosa Vivien Ratnawati mengatakan, Kota Semarang menjadi kota keempat yang dipilih KLHK untuk menjadi kota yang dapat melakukan pengelolaan sampah lebih baik.

Menurutnya, komitmen Pemerintah Kota Semarang dalam pengelolaan sampah sudah bagus. “Hal ini dibuktikan dengan pengelolaan tempat pembuangan akhir (TPA) yang sudah dilengkapi dengan tenaga pengelolaan sampah menjadi listrik,” ujar Vivien.

Selain mengajak masyarakat untuk memilah sampah dari rumah, Vivien juga meminta masyarakat Kota Semarang melakukan gerakan pengurangan sampah, terutama sampah yang sulit terurai, seperti plastik, kaleng dan styrofoam.

“Kalau beli minuman tidak usah minta sedotan plastik. Bawa botol minum. Kalau beli makanan tidak usah pakai styrofoam. Ayo kita kurangi sampah, kita pilah sampah yang ada,” ajaknya kepada ratusan masyarakat yang hadir dalam acara sosialisasi dan peluncuran Gerakan Nasional Pilah Sampah dari Rumah tersebut.

Sementara Marimas, selaku produsen minuman serbuk yang banyak menggunakan plastik sebagai kemasan melalui Humasnya, Boby Adi Putra ikut ambil bagian dalam Gerakan Nasional Pilah Sampah dari Rumah dengan menawarkan solusi Ecobricks, yakni mengelola sampah plastik menjadi barang yang lebih berguna dan bermanfaat.

“Kita tidak bisa anti plastik, namun kita harus bisa bijak memanfaatkannya. Dengan Ecobricks ini maka sampah kemasan yang sudah dimasukkan ke botol plastik bisa dibentuk kreasi lainnnya yang lebih bermanfaat,” kata Boby. (Art)

Loading...

BERITA POPULER

To Top