KILAS PANTURA

Gunakan Media Sosial Dengan Bijak untuk Hindari Pelanggaran UU ITE

DEMAK – Dalam bermedia sosial perlu kehati-hatian terutama membuat status dan memberikan komentar di postingan. Jangan sampai apa yang kita lakukan menjadi bumerang bagi diri kita atau bahkan merugikan pihak lain. Hal ini disampaikan Bupati Demak HM. Natsir di depan para ASN Dinkominfo dan wartawan saat meninjau ruang PPID utama dinas tersebut, Selasa (15/10).

“Di era digital ini arus informasi begitu cepat menyebar, begitu cepat diterima publik. Siapapun orangnya yang memegang android pasti dengan cepat bisa mengakses informasi apapun. Namun perlu di ingat bagi pengguna Smart Phone untuk lebih teliti, lebih waspada dengan memfilter berita berita di media online jangan asal percaya” jelas bupati.

“Apabila ada informasi yang sekiranya meragukan dapat dilakukan crosscheck lebih dahulu tidak asal forward atau membagikan ke grup media sosial. Takutnya berita yang telah disebarkan justru mengandung unsur sara, penipuan, hoax yang membikin resah masyarakat”, tambah bupati.

Sementara itu Kepala Dinas Kominfo Endah Cahya Rini menambahkan, intinya setelah digulirkannya UU ITE seluruh masyarakat untuk berhati hati menggunakan media sosial dengan bijak. Jangan sampai dalam bermedsos ria menimbulkan masalah pada diri sendiri. ” Tidak hanya modifikator( pembuat info hoax) saja yang bisa terjerat UU ITE tapi juga orang yang ikut memforward/membagikan informasi tidak benar” jelas Endah.

Dalam kesempatan tersebut bupati selain meninjau Ruang PPID utama juga mencoba website OPD untuk melihat data yang ada di masing masing OPD. Diketahui bahwa dalam bulan ini pihak Komisi Informasi provinsi akan melakukan visitasi di PPID utama dan PPID pembantu yang ditunjuk di lingkungan Pemkab Demak. Hal ini menyusul Program KI dalam Pemeringkatan PPID di wilayah jawa Tengah tahun 2019.

Persiapan yang dilakukan PPID Utama dan Pembantu yakni dengan mengisi data-data yang kurang dan memenuhi segala persyaratan pemeringkatan bahkan sudah mengaktifkan beberapa PPID desa melalui SID, kata Agus Pramono selaku Ketua PPID Utama. (kominfodemak)

Loading...

BERITA POPULER

To Top