KILAS SEMARANG

Ada Kirab Pusaka Budaya Sunan Pandanaran, Sabtu Jalan Menteri Supeno Ditutup Sementara

KILASJATENG.COM, SEMARANG – Ruas Jalan Menteri Supeno mulai dari perempatan Kyai Saleh hingga Taman Indonesia, Sabtu (14/9) mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB ditutup.

Penutupan ruas jalan searah ini untuk kelancaran Kirab Pusaka Budaya Sunan Pandanaran yang akan diikuti sekitar 550 peserta.

Dimulai dari Taman Indonesia Kaya, para peserta akan berjalan hingga kompleks masjid dan pemakaman Ki Ageng Pandanaran di Mugas.

Lalu kirab akan dimulai dari depan SMAN 1 Semarang menuju Jalan Menteri Supeno, dilanjutkan lewat Jalan Mugas Raya, Jalan Mugas Dalam II, hingga finish di makam Ki Ageng Pandanaran.

Adapun kegiatan prosesi kirab di antaranya pergantian kain mori, buka luwur, dan kirab songsong agung Ki Ageng Pandanaran.

Prosesi kirab akan dipimpin dan dipandu oleh KRHT Suldiyan Wijoyo Kusumo, KRMH. Aksa Prabu Wisnu Aji dan H Aris Pandan S.Kom MM selaku imam.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi mengungkapkan bahwa di samping sebagai upaya mengenang jasa leluhur, kirab budaya yang rutin dilakukan setiap tahun.

“Ini sekaligus dilakukan sebagai wujud wisata sejarah warisan budaya dengan menceritakan kisah perjalanan Ki Ageng Pandanaran dan berbagai perannya bagi sejarah Kota Semarang,” katanya.

Rangkaian acara Haul Akbar ke-517 Sunan Pandanaran dimulai Jumat (13/9) malam hingga akhir pekan, Minggu (15/9) besok.

Sejumlah agenda telah dipersiapkan, mulai dari pengajian akbar, pengajian ahad pagi, tawasul akbar, hingga kirab budaya dan wisata sejarah warisan budaya Ki Ageng Pandanaran. (Art)

Loading...

BERITA POPULER

To Top