KILAS SEMARANG

Ratusan Siswa, Guru dan Karyawan Sekolah Kristen Lentera Ambarawa Ikuti Aksi Bersih Kota

KILASJATENG.COM, UNGARAN – Ratusan siswa-siswi Sekolah Kristen Lentera (SKL) Ambarawa, Kabupaten Semarang menggelar aksi bersih kota, Jumat (19/7). Mereka membersihkan sampah di sejumlah lokasi.

Bersama-sama dan bahu membahu, aksi bersih kota yang secara rutin digelar setahun dua kali dengan sasaran dan lokasi berbeda tersebut agar kebersihan di wilayah Kecamatan Ambarawa, tetap terjaga.

Aksi dilakukan keseluruhan oleh siswa-siswi Sekolah Kristen Lentera Ambarawa dimulai dari anak-anak KB/TK, SD, SMP hingga para guru dan karyawan. Tema yang diangkat dalam kegiatan ini adalah ‘Damai Hatiku, Bersih Kotaku’.

Koordinator Sekolah Kristen Lentera Ambarawa, Fausi Kusmandani Madjid SHut MPd, mengatakan kegiatan ini dalam rangka mengawali proses pendidikan pada tahun ajaran baru.

“Tujuan utama, untuk mengajarkan kepada anak-anak tentang kepedulian terhadap lingkungannya. Dari sini, anak-anak tidak hanya peduli terhadap lingkungan rumahnya saja namun akan lebih peduli terhadap lingkungan sekitar. Sasaran lokasinya di sekitar sekolah yang ada di dua wilayah kelurahan yaitu Kranggan dan Kupang,” katanya.

Ditambahkan, bahwa konsep makro yang direncanakan adalah ‘Ambarawa Bersih’. Dalam aksi ini, anak-anak terbagi dalam beberapa titik, untuk KB-TK ada di 6 titik, SD di 12 titik dan SMP 8 titik.

Sebaran wilayah sasaran masing-masing untuk KB/TK membersihkan di dalam lokasi sekolah. Untuk SD membersihkan diluar sekolah, daerah Kantor Kecamatan Ambarawa, pertigaan Laris Lama serta daerah pertigaan Pauline. Sedangkan SMP berada di kawasan Patung dr Cipto hingga Jembatan Panjang, Palagan Ambarawa sampai daerah Gedung Pemuda.

“Aksi ini juga mendapatkan dukungan dari warga sekitar yang daerahnya menjadi sasaran. Bahkan, pihak RT dan RW yang daerahnya menjadi sasaran kebersihan, turut serta memberikan dukungan. Wilayah yang menjadi sasaran adalah masuk Kelurahan Kupang dan Kelurahan Kranggan, Kecamatan Ambarawa,” kata Fausi.

Dalam melakukan aksi ini, siswa-siswi dibekali dengan tas kresek besar. Tas ini untuk membawa sampah yang mereka pungut. Selanjutnya, ada petugas khusus yang mengambil sampah-sampah tersebut hingga dibuang pada tempatnya. Peralatan yang dibawa anak-anak diantaranya tas kresek, sabit, sapu maupun ekrak.

Beberapa warga yang melihat siswa-siswi Sekolah Kristen Lentera Ambarawa melakukan bersih-bersih sampah ini sangat mengapresiasi. Bahkan, tidak segan ada yang membantu memungut sampah kemudian menyerahkannya untuk dimasukkan dalam tempat sampah yang telah disiapkan.

“Apa yang dilakukan anak-anak Sekolah Kristen Lentera Ambarawa ini layak menjadi contoh sekolah/organisasi/lembaga lain di Kecamatan Ambarawa. Hal ini karena sejak dini mereka telah ditanamkan akan rasa kepeduliannya terhadap lingkungan,” ujar Sugiarto, disela menunggu istrinya belanja di daerah Gamblok.

“Tidak hanya diajarkan masalah pelajaran ilmu pengetahuan, namun kepedulian terhadap kebersihan lingkungan harus juga ditanamkan sejak dini,” imbuh Sugiarto, warga Kelurahan Panjang, Ambarawa itu. (Her)

Loading...

BERITA POPULER

To Top