KILAS DAERAH

Pangdam IV/Diponegoro Berangkatkan Satgas Yonif 406/CK Operasi Pamtas RI-PNG

KILASJATENG.COM, PURBALINGGA – Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi memberangkatkan Satgas Yonif 406/Candra Kusuma yang akan melaksanakan tugas Operasi Pengamanan Perbatasan (Pamtas) RI-PNG di Papua Sektor Selatan.

Upacara pelepasan digelar di lapangan Yonif 406/Candra Kusuma Purbalingga, Selasa (25/6).

Pangdam mengaku bangga dan mengucapkan selamat atas kepercayaan pimpinan TNI dan negara yang diberikan kepada Yonif 406/Candra Kusuma untuk melaksanakan tugas mulia di wilayah Papua.

Menurut dia, melaksanakan tugas operasi merupakan suatu kebanggaan dan kehormatan bagi seorang prajurit saat panggilan tugas itu datang.

“Tidak setiap prajurit memiliki kesempatan dan diberi kehormatan seperti yang kalian dapatkan sekarang, hanya prajurit yang terlatih dan siap secara fisik dan mental diberangkatkan ke medan tugas operasi,” tegasnya.

Dia berpesan, tunjukkan sikap perilaku dan tindakan serta kemampuan terbaik di daerah operasi. “Keberhasilan setiap pelaksanaan tugas menjadi ukuran penting bagi profesionalitas prajurit Satgas Yonif 406/Candra Kusuma,” ujarnya.

Pangdam juga berpesan, para prajurit betul-betul memahami situasi dan kondisi wilayah perbatasan Papua-PNG Sektor Selatan dengan segala dinamika yang berkembang saat ini.

“Pelajari anatomi daerah penugasan dalam berbagai sudut pandang, di antaranya penduduk, wilayah, budaya dan karakter masyarakat Papua saat ini,” katanya.

Walaupun daerah tersebut relatif aman namun harus tetap waspada dan tidak lengah. “Laksanakan disiplin tempur maupun disiplin perorangan di daerah penugasan, serta selalu bertindak sesuai prosedur,” pinta Jenderal bintang dua di pundaknya itu.

Kepada Danyon dan unsur pimpinan Pangdam meminta untuk bertanggung jawab penuh atas keberhasilan tugas dan keselamatan seluruh anak buah.

“Bawa kembali anggotamu ke home base dalam keadaan aman, sehat, selamat dan sukses dalam menjalankan tugas mulia ini,” tandasnya.

Pangdam mengingatkan seluruh prajurit yang tergabung dalam Satgas Pamtas RI-PNG agar benar-benar memahami tugas pokoknya serta selalu dekat dengan rakyat.

“Pegang teguh Sapta Marga dan Sumpah Prajurit, niscaya kalian mampu menghindari segala bentuk perilaku dan tindakan tercela. Kalian harus tetap fokus dan konsentrasi dalam bertugas,” ungkapnya.

Kepada Kakorum yang ditunjuk, orang nomor satu di Kodam IV/Diponegoro tersebut berharap benar-benar mengerti tentang tugas dan tanggung jawabnya.

“Kakorum harus selalu memperhatikan kepentingan keluarga yang ditinggal tugas. Isi kegiatan harian di satuan dengan hal-hal positif dan selalu berdoa agar seluruh prajurit yang ditugaskan dapat menjalankan tugas dengan baik dan selamat kembali ke satuan tanpa kurang suatu apapun,” tegasnya. (Lis)

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top