KILAS SEMARANG

Halal Bihalal, Pangdam IV/Diponegoro Minta Prajurit dan PNS Pedomani Nilai-Nilai Puasa Ramadhan

KILASJATENG.COM, SEMARANG – Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi didampingi istri menggelar halal bihalal bersama segenap Prajurit dan PNS Kodam IV/Diponegoro se-Garnizun Semarang seusai melaksanakan Apel Pagi bertempat di Lapangan Parade Kodam IV/Diponegoro Semarang, Kamis (13/6).

Acara yang digelar dalam rangka merayakan Hari Raya Idul Fitri 1440 H ini, juga dihadiri Kasdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Teguh Muji Angkasa, Irdam, Kapok Sahli, para Sahli, para Asisten, para Kabalak Kodam IV/Diponegoro beserta istri.

Usai bersalaman dengan seluruh Prajurit dan PNS yang hadir, Pangdam mengungkapkan bahwa acara halal bihalal ini merupakan rangkaian dari ibadah puasa Ramadhan yang baru dikerjakan.

“Halal bihalal atau lebaran mestinya hanya untuk yang berpuasa Ramadhan, kalau tidak berpuasa ya gak ikut lebaran,” gurau Pangdam penuh kekeluargaan.

Dirinya juga meminta kepada seluruh prajurit dan PNS khususnya yang beragama Islam untuk menghayati dan mempedomani nilai-nilai yang terkandung dalam ibadah puasa Ramadhan yang baru saja diselesaikan.

Lebih lanjut dijelaskan, bahwa ibadah puasa Ramadhan yang dikerjakan selama satu bulan penuh itu mengandung nilai kedisiplinan dan kejujuran.

“Orang yang berpuasa akan berdisiplin dengan tidak melakukan perbuatan yang membatalkan puasa, menepati waktu saat berbuka dan sahur, disiplin melaksanakan kewajiban zakat dan lain sebagainya,” ungkap Pangdam.

Menurut pangdam, orang yang berpuasa juga akan berlaku jujur, walaupun tidak ada yang mengawasi, dia akan selalu patuh dan taat terhadap kekentuan-ketentuan yang dapat membatalkan puasa.

“Hanya dengan kejujuranlah semua masalah dapat diselesaikan dengan baik, mulai dari diri sendiri, keluarga, satuan maupun permasalahan bangsa dan negara,” tambahnya.

Nilai yang terkandung dalam puasa Ramadhan berikutnya adalah dengan berpuasa dapat meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa.

“Sikap saling hormat menghormati dan bekerjasama sangat kental dalam menjalankan rangkaian ibadah puasa Ramadhan, mulai dari persiapan hingga akhir Ramadan berupa takbiran dan salat Idul Fitri yang dilanjutan dengan halal bihalal untuk saling maaf memaafkan,” urainya.

Orang nomor satu di Kodam IV/Diponegoro itu juga meminta kepada prajurit dan PNS Kodam IV/Diponegoro untuk senantiasa mensyukuri apa yang ada.

“Halal bihalal ini juga salah satu wujud rasa syukur akan nikmat yang diberikan Allah SWT, dengan bekerjasama dan bergotong-royong semua pekerjaan dapat dilaksanakan dengan lebih baik,” pungkasnya. (Lis)

Loading...

BERITA POPULER

To Top