KILAS DAERAH

Wawali Salatiga H Muh Haris Resmikan PPOP & Fitness Center

KILASJATENG.COM, SALATIGA – Wakil Walikota Salatiga H Muh Haris meresmikan Pusat Pengembangan Olahraga Prestasi (PPOP) Kota Salatiga dan Fitness Center di komplek kantor KONI Kota Salatiga, Jalan Veteran No 45 Salatiga, Kamis (2/5).

Peresmian ditandai dengan pemukulan gong sebanyak lima kali oleh Wakil Walikota Salatiga Ketua KONI Salatiga Dance Ishal Palit, Ketua KONI Jateng Subroto, Kuntoro Wibowo dari Disporapar Jateng (mewakili Gubernur Jateng Ganjar Pranowo), Wakapolres Salatiga serta Forkopinda Salatiga.

Wakil Walikota Salatiga H Muh Haris mengatakan bahwa PPOP KONI Salatiga yang diresmikan ini berada pada lahan seluas 2,5 hektare. Sebelum digunakan untuk kantor KONI, lahan dan bangunan disini digunakan untuk Kantor Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Salatiga dan sebelumnya juga sebagai markas Diklat Sepakbola Salatiga.

“Dengan dibukanya PPOP dan Fitness Center ini, kedepan akan menjadikan olahraga di Kota Salatiga semakin maju, lebih baik serta prestasi para atlet akan semakin meningkat,” jelas H Muh Haris melalui keterangan tertulisnya, Kamis (2/5).

Ditambahkan, dengan adanya PPOP KONI Salatiga, harapannya akan lahir atlet-atlet yang penuh prestasi dan dapat dibanggakan masyarakat Salatiga khususnya dan umumnya Jateng.

Dengan prestasi itu, akan membawa harum Kota Salatiga, Jawa Tengah maupun secara luas bangsa Indonesia pada tingkat internasional. Dalam rangka pengembangan PPOP ini, Pemerintah Kota Salatiga telah mengalokasikan anggaran mencapai Rp 2 Milyar.

Sementara itu, Ketua KONI Kota Salatiga Dance Ishak Palit menyatakan, dengan telah diresmikannya PPOP ini, ke depan pengembangan olahraga di Kota Salatiga diyakininya akan terlaksana dengan baik dan tertata serta terstruktur. Lahan atau tanahnya disini merupakan milik TNI AD dan pemilik asetnya adalah Pemprov Jateng.

“Ke depan, pengembangan olahraga di Kota Salatiga harus dapat berkembang semakin baik dan harus dimbangi dengan sport sains, tanpa hal itu maka sulit untuk berkembang. Di PPOP ini pula telah tersedia tempat untuk kegiatan bagi cabang olahraga menembak, sepak takraw, catur, karate atau beladiri maupun binaraga. Sedangkan, untuk laboratorium sport sains akan dikerjakan dengan cara bertahap,” kata Dance Palit.

Dijelaskan, untuk membangun seluruh fasilitas di PPOP ini akan memakan anggaran mencapai Rp 4 Miliar. Pada awal ini sudah terealisasi sebesar Rp 1,470 Miliar. Untuk jumlah atlet binaan KONI Salatiga ada sebanyak 100 atlet.

Pembinaan kepada para atlet itu, dibutuhkan anggaran mencapai Rp 600 juta. Sedangkan, masing-masing cabor butuh anggaran sekitar Rp 20 juta untuk sekali ikut kejuaraan. Padahal di Salatiga ini ada 34 cabor, sehingga berapa anggaran yang harusnya dibutuhkan demi peningkatan atlet.

Selain Wakil Walikota Salatiga H Muh Haris, dalam peresmian tersebut juga dihadiri Ketua KONI Provinsi Jateng Subroto, Kuntoro Wibowo (Disporapar Jateng) mewakili Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Wakapolres Salatiga Kompol Kristanto, Kepala Dinas Pariwisata Kota Salatiga Danudjo, para Ketua KONI kabupaten/kota se Jateng, para atlet binaan KONI Salatiga serta tamu undangan lainnya. (Her)

Loading...

BERITA POPULER

To Top