KILAS DAERAH

Amankan Pemilu 2019, Polres Salatiga Terjunkan 386 Personel

KILASJATENG.COM, SALATIGA – Polres Salatiga menerjunkan sebanyak 386 personel untuk melakukan pengamanan tempat pemungutan suara (TPS) Pemilu 2019 di Kota Salatiga.

Pelepasan personel pengamanan dilakukan dengan apel pergeseran pasukan yang dipimpin Kapolres Salatiga AKBP Gatot Hendro Hartono di Lapangan Bhayangkara Polres Salatiga, Senin (15/4).

“Dalam Pemilu 2019 ini, di Kota Salatiga ada 614 TPS dan untuk pola pengamanan dengan kodel 2612 (2 anggota Polri mengamankan 6 TPS dan dibantu dengan 12 anggota Linmas). Selain itu, sebanyak 145 personil TNI diterjunkan membantu pengamanan ini serta BKO Brimob sebanyak 30 personel,” kata AKBP Gatot Hendro Hartono, seusai apel pergeseran pasukan ke TPS.

Selesai menggelar apel ini, ratusan personel langsung diterjunkan ke seluruh TPS di Kota Salatiga. Ini dilakukan karena distribusi logistik Pemilu 2019 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah sampai ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di masing-masing kecamatan serta TPS.

Polres Salatiga juga menyiapkan tim khusus untuk melaksanakan patroli keliling bersama dengan anggota Linmas maupun Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

“Intinya, apel gelar pasukan pergeseran ke TPS ini, untuk mengecek semua kelengkapan operasional di lapangan. Termasuk kelengkapan pribadi personel Polri yang bertugas dalam pelaksanaan Pemilu 2019 ini. Bahkan, diingatkan kepada seluruh personil, apa saja yang boleh atau tidak boleh dilakukan selama bertugas melaksanakan pengamanan di masing-masing TPS,” katanya.

Sementara, amanat Kapolda Jateng Irjen Pol Drs Condro Kirono MM MHum pada intinya bahwa tujuan digelarnya apel pasukan ini untuk mengecek kesiapan personel, sarana dan prasarana sebelum diterjunkan langsung melaksanakan pengamanan pada tahap pemungutan dan penghitungan suara dalam Pemilu 2019.

Polri tetap bertanggungjawab dalam menjaga tegaknya stabilitas Kamtibmas di wilayah Indonesia dan menjamin keamanan dan keselamatan masyarakat untuk menentukan hak pilihnya pada Rabu 17 April mendatang tanpa adanya intimidasi dan intervensi dari pihak manapun.

“Persiapkan diri dengan sebaik-baiknya serta jaga kesehatan dan keselamatan selama melaksanakan tugas BKO di jajaran wilayah Polda Jateng. Berdayakan seluruh masyarakat melalui Perpolisian Masyarakat (Polmas) untuk terlibat dalam pengamanan ini,” kata Kapolda melalui Kapolres Salatiga AKBP Gatot Hendro Hartono.

“Maksimalkan peran intelijen dan Bhabinkamtibmas untuk mengamati situasi dan kondisi yang berkembang setiap saat, Tetap bersikap profesional serta jaga norma dan etika sehingga dapat menciptakan iklim yang menyejukkan dan membawa kedamaian,” imbuhnya. (Her)

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top