OLAHRAGA

PSSI Kirim 24 Pemain Muda Berguru ke Inggris

Jakarta, liputan.co.id – Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) bekerjasama dengan SuperSoccer TV akan mengirimkan 24 pesepakbola muda Indonesia usia di bawah 16 tahun (U-16) untuk menimba ilmu ke lnggris selama 6 bulan. Para pemain lni merupakan hasil seleksi dari program Elite Pro Academy yang telah berlangsung sejak akhir tahun 2018 lalu.

Rencana pengiriman para pemain muda Indonesia itu disampaikan Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI Ratu Tisha Destria, di Jakarta, Kamis (10/1).

Menurut Tisha, pengiriman para pemain ini merupakan bagia dari Program Garuda Select. Program ini memberikan peluang bagi anak-anak muda berbakat Indonesia mendapatkan beasiswa untuk berlatih sepak bola di Eropa (Inggris), di mana peserta yang terseleksi akan mendapatkan bimbingan dari para pelatih profesional.

“Ini merupakan bagian dari program jangka panjang, di mana target PSSI Timnas Indonesia dapat tampil pada Olimpiade Paris 2024. Kita harapkan dalam lima tahun ke depan Indonesia memiliki timnas yang tangguh, dan mampu mencapai prestasi yang membanggakan,” ujar Tisha, dalam peluncuran perdana program Garuda Select.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono menjelaskan kalau program kerja sama ini menjadi salah satu upaya PSSI untuk mengembangkan sepakbola Indonesia. Lewat program ini, para pemain muda mendapat kesempatan mendapat pengalaman dan belajar dari sepak bola Eropa.

“Terima kasih kepada SuperSoccer TV yang ikut mendukung PSSI dalam pengembangan sepakbola Indonesia. Program Garuda Select akan memberikan banyak manfaat bagi pemain muda untuk belajar dan mendapatkan pelatihan intensif secara profesional,” ungkap Joko.

Dalam program perdana Garuda Select ini, para pemain yang terseleksi akan berlatih di Inggris dengan bimbingan para pelatih profesional di bawah panduan Direktur Teknis, Dennis Wuse, dibantu Des Walker sebagai Pelatih Kepala.

Selain ditempa dalam sebuah akdemi sepakbola, mereka juga berkesempatan mendalami ilmu Sport Science dan kepelatihan dasar sepak bola profesional di bawah naungan Federasi Sepak bola lnggris (FA). Mereka juga akan berlaga dengan berkompetisi melawan klub profesional di Inggris yang setara setiap minggunya.

Dennis Wise, Direktur Toknis Program Garuda Select menjelaskan bahwa dalam masa berjalan program tahap pertama yang berakhir pada Mei 2019 ini, mereka akan dievaluasi oleh tim Pembimbing dan tim Pembina. Para peserta juga wajib mengikuti program latihan setiap hari dan akan berkompetisi di akhir pekan melawan klub profesional Inggris Iain yang setara lainnya.

“Program ini memberikan kesempatan sebesar-besarnya bagi anak-anak muda berbakat di Indonesia bertumbuh-kembang menjadi lebih dari sekadar pemain sepak bola. Dalam hal ini. anak-anak juga dituntut untuk menumbuhkan jiwa profesionalisme sebagai pemain sepak bola profesional yang siap menghadapi tantangan dan pendingan di level dunia,” jelas Dennis.

Sementara itu, Mirwan Suwarso dari SuperSoccer TV Business Development Director mengatakan, SuperSoccer TV tertarik bekerjasama dengan PSSl dan membentuk sebuah program komersil jangka panjang yang saling menguntungkan.

Menurutnya, Program Elite Pro Garuda Select ini bukan sekadar bentuk kerja sama sponsorship atau donasi, namun Iebih sebagai peluang bisnis yang diharapkan dapat menjadi sumber pendapatan yang terus berkembang bagi kedua pihak. Dengan program yang menyeluruh, kami bisa mendapatkan berbagai konten yang mencakup penayangan pertandingan, program liputan kegiatan mingguan, program liputan all access harian hingga program merchandising dan branding lainnya,” ungkap Mirwan. (RF)

Berikut, daftar 24 pemain yang akan menjalani Program Garuda Select di Inggris

Penjaga Gawang:
1. Ahludz Dzikri Fikri (Timnas U-16/Persib)
2. Risky Muhammad Sudirman (Timnas U-16/Persija)
3. Emando Ari Sutaryadi (Timnas U-16/Persebaya)

Belakang:
4. Amiruddln Baoas Kaffa Arrizqi (Timnas U-16/Barito Putera)
5. Kartika Vedhayanto Putra PPLP (Timnas U-16/PPLP Jateng)
6. Liba Valentino (Timnas U-16/Perseru)
7. Mochamad Yudha Febrian (Timnas U-16/Barito Putera)
8. Muhammad Reza Fauzan (Timnas U16)
9. Koman Teguh Trisnanda (Timnas U-16/Diklat Ragunan)
10. Fadilah Nur Rahman (Timnas U-16/Diklat Ragunan)
11. Vito Rendy Candra (Timnas U-16/Persebaya)
12. Muhammad Salman Alfarid (Timnas U-16/Diklat Ragunan)

Tengah:
13. BryIian Negiehta Dwiki Aldama (Timnas U-16/Persebaya)
14. David Maulana (Timnas U-16/Barito Putera)
15. Sandi Arta Samosir (PSMS Medan)
16. Alif Jaelani (Barito Putera)
17. Andre Oktaviansyah (Timnas U-16/PS Tlra)
18. Braif Fatari
19. Mochammad Supriadi (Timnas U-16/Diklat Ragunan)
20. Yadi Mulyadi (Timnas U-16/Persib)
21. Muhammad Fajar Fathur Rachman (Timnas U-16/Persib)

Depan:
22. Amiruddin Bagus Kahfi Alfikri (Timnas U-16/Barito Putera)
23. Sutan Diego Armandoondriano Zico (Timnas U-16/Persija)
24. Amanar Abdillah (Timnas U-16/Persib).

The post PSSI Kirim 24 Pemain Muda Berguru ke Inggris appeared first on LIPUTAN.CO.ID.

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top