HIBURAN

Ketua DPR Minta Menkeu dan Bappenas Dukung Ambon Jadi Kota Musik Dunia

Ambon, liputan.co.id – Ketua DPR RI H Bambang Soesatyo menyatakan sulit bagi Kota Ambon untuk mendapatkan predikat Kota Musik Dunia yang ke-18 tanpa dukungan pemerintah pusat.

Hal tersebut dikatakan Bambang saat membuka Press Gathering Wartawan DPR RI, ke Kota Ambon, Provinsi Maluku Sabtu (17/3/2018), dengan tema “Sinergi DPR RI, Pemerintah RI, Pemerintah Kota Ambon dan Wartawan Parlemen Menyukseskan Ambon Sebagai Kota Musik Dunia”.

“Kota Ambon sudah mencanangkan wilayahnya sebagai Kota Musik Dunia. Gagasan ini tidak bisa jalan tanpa dukungan pemerintah pusat terutama dari Badan Ekonomi Kreatif dan Kementwrian Pariwisata,” kata Bambang.

Namun pencanangan tersebut ujar Bamsoet sapaan beken Bambang Soesatyo didukung penuh oleh Badan Ekonomi Kreatif dan Kementerian Pariwisata aehingga berbagai fasilitas musik untuk Kota Ambon ini secara bertahap semenjak tahun 2011 yang lalu mulai di sediakan pemerintah pusat.

“Namun untuk mencapai target agar di tahun 2019 nanti Unesco mengakui Kota Ambon sebagai Kota Musik Dunia, saya minta Kementerian Pariwisata memasukan Kota Ambon sebagai Kota Musik Dunia agar lebih didukung lagi oleh semua instansi terkait di pusat,” pinta Bamsoet.

Demikian juga halnya dengan berbagai pagelaran musik baik di tingkat nasional maupun internasional yang selama ini digelar di Jakarta untuk ditarik ke Kota Ambon.

Selain itu, politikus Partai Golkar ini juga memastikan bahwa anggaran pusat untuk Kota Ambon sangat mungkin untuk ditambah asal sesuai dengan mekanisme yang berlaku.

“Sangat mungkin anggaran Kota Ambon ini ditambah kalau memang ada permintaan dan lalui mekanisme yang ada dalam sistem anggaran,” ujar Bamsoet.

Caranya saran dia, ajukan tambahan anggaran itu ke Kementerian Keuangan dan Bappenas yang sebelumnya dirumuskan terlebih dahulu dalam Musrenbang kota hingga provinsi.

“Hasil Musrenbang tersebut oleh Kemenkeu dan Bappenas dibawa ke komisi terkait di DPR.Disitulah nantinya para wakil rakyat menggiring anggaran tersebut supaya tidak dikurangi. Menggiring Itu sesuai sumpah jabatannya anggota DPR yaitu memperjuangkan aspirasi konstituennya. Menggiring anggaran itu harus, yang tidak boleh terima sesuatu dari yang dia giring,” pungkas Bamsoet.

Usai membuka Press Gathering, Ketua DPR RI juga meresmikan Studio Rekaman Music Internasional Ambon dan Gedung Pertemuan Musik Etnik di Universitas Pattimura.

The post Ketua DPR Minta Menkeu dan Bappenas Dukung Ambon Jadi Kota Musik Dunia appeared first on LIPUTAN.CO.ID.

Loading...

BERITA POPULER

To Top